8 Hal Penting Tentang Renang

3.8 hal penting tentang renang.1

Jika Anda penyuka olahraga air, Anda tentu tahu olahraga renang yang sangat berguna untuk menambah kekuatan sekaligus kebugaran dan stamina. Dengan olahraga renang, kita bisa membakar kalori 75 kilogram dengan kecepatan 2km/jam.

Banyak yang sangat menyukai olahraga ini, meskipun renang bukan merupakan kardio terbaik untuk diet. Jika Anda belum bisa berenang dan tertarik untuk mencoba olahraga air ini, ada 8 hal penting yang perlu ada ketahui.

1.     Manfaat berenang

Meskipun bukan yang terbaik, renang merupakan jenis latihan kardio yang bagus. Tidak seperti lari atau jogging yang hanya focus pada gerak kaki, renang memerlukan hampir semua bagian tubuh untuk melakukannya. Dengan berenang, kita dapat melatih pernapasan dan otot karena jantung kita saat berenang jantung kita memompa lebih banyak darah dan paru-paru bekerja lebih keras. Berenang memerlukan kita untuk menggerakan semua otot, dari otot bisep dan trisep sampai otot paha dan betis. Dengan berenang, kita bisa membangun otot tanpa memberi tekanan berlebih pada sendi.

2.     Waktu untuk berenang

Bagi pemula, renang cukup dilakukan dua kali seminggu dengan durasi 15-60 menit.

3.     Yang tidak boleh berenang

Ini menjadi hal penting untuk diperhatikan karena tidak semua orang boleh berenang. Bagi yang memiliki masalah kardiovaskular, sebaiknya menghindari olahraga ini. kandungan klorin pada air di kolam renang bisa berefek negatif untuk penderita asma, rhinitis dan penderita alergi tertentu.

Jika Anda mengalami cedera punggung, Anda masih bisa berenang namun dengan gaya punggung saja. Gaya punggung akan melemaskan dan membuat rilek otot punggung Anda.

4.     Peran penting pelatih renang

Untuk yang sama sekali belum bisa berenang, peran pelatih sangat penting untuk memgajarkan teknik berenang yang tepat. Sementara, jika Anda sudah bisa berenang tapi belum begitu mahir, pelatih bisa menjaga dan menilai kesiapan Anda untuk berenang di kolam yang lebih dalam.

5.     Yang perlu dihindari sebelum renang

Sebisa mungkin, jangan makan jika Anda hendak berenang, karena renang memerlukan gerak pemanasan. Sebaliknya, minumlah banyak air untuk menghindari dehidrasi yang bisa berakibat pada kram kali.

6.     Renang untuk wanita hamil

Renang sangat baik untuk ibu hamil, tapi tetap memerlukan nasihat dari dokter. Klorin dan bakteri dalam air tidak mempengaruhi pertumbuhan janin. Namun, yang perlu dihindari oleh ibu hamil adalah bak mandi panas.

7.     Efek renang untuk kulit dan rambut

Yang perlu diwaspadai oleh rambut dan kulit andalah kandungan klorin dalam air. Untuk menjaga kesehatan rambut dan kulit, dianjurkan untuk memakai shampo renang yang bisa mengurangi residu tembaga dan kondisioner untuk mencuci rambut usai berenang.

Untuk kulit, Anda bisa mandi, mengoleskan krim pelembab dan minum banyak air setelah berenang. Untuk kolam renang outdoor, disarankan untuk memakai sunblock setengah jam sebelum berenang untuk melindungi kulit dari sinar UV.

8.     Resiko berenang

Resiko berenang juga jadi hal penting untuk diketahui. Renang lebih beresiko bagi yang memiliki luka terbuka, karena waktu penyembuhannya bisa jadi lebih lama. Kandungan kaporit juga bisa menyebabkan iritasi mata dan kekurangan klorin dalam air juga berakibat pada berkembangnya kuman yang bisa menyebabkan masalah pencernaan.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>