Apakah Ada Korupsi Hingga Cuma Ada 4 Atlet Muaythai ke SEA Games 2013?

4. Apakah Ada Korupsi Hingga Cuma Ada 4 Atlet Muaythai ke SEA Games 2013  1

Judul diatas bukan untuk memprovokasi Anda namun mengingat sudah sedemikian tinggi dan canggihnya budaya korupsi di negeri ini maka pertanyaan tersebut layak ditanyakan kepada Komite Olimpiade Indonesia yang hanya mau memberangkatkan empat atlet Muaythai ke Myanmar padahal sebelumnya sudah disetujui untuk mengirim 11 orang atlet. Anehnya lagi, yang memilih siapa yang akan berangkat ke SEA Games 2013 Myanmar juga pihak KOI, hal ini sungguh aneh karena mereka tidak tahu prestasi dan kemampuan atlet-atlet tersebut adalah Pengurus Besar Muaythai Indonesia.

Seharusnya yang menentukan siapa yang akan dikirim adalah PBMI karena mereka yang tahu kondisi dan kemampuan para atlit tersebut dan ditengarai bahwa yang dikirim oleh KOI adalah bukan atlet-atlet yang terbaik. PBMI menuding ada yang tidak  beres dengan pengiriman atlet Muaythai ini karena PBMI tidak diikutsertakan dalam pemrosesan pemilihan atlet tersebut.

Memang wacana untuk mengurangi jumlah atlet tersebut telah mengemuka beberapa bulan sebelumnya pada rapat pengurus Muaythai dan Satlak Prima serta KOI. KOI bersikeras bahwa pengiriman 4 atlet tersebut sudah ssuai dengan buku petunjuk panitia SEA Games 2013 Myanmar yang dikirimkan ke mereka. Namun PBMI bersikeras bahwa ada 11 atlet yang seharusnya dikirim berdasarkan hasil turnamen Bali Open dan juga penilaian selama pelatnas dan uji coba.

Karena keputusan sepihak Komite Olimpiade Indonesia dalam membatasi dan memilih atlet yang akan dikirim ke SEA Games maka PBMI mengatakan bahwa Indonesia kehilangan peluang untuk memenangkan 3 emas dari cabang Muaythai tersebut karena menurut PBMI, KOI telah salah menentukan atlet dan juga kelas yang hendak diikuti.  Namun demikian PBMI masih memperjuangkan agar kuota para atlet Muaythai tetap seperti semula yaitu 11 orang.

Hal ini benar-benar diperjuangkan walau KOI bersikeras bahwa mereka sudah terlanjur didaftarkan. Namun pihak PBMI sendiri memastikan bahwa panitia SEA Games 2013 Myanmar masih membuka pintu lebar-lebar untuk tambahan atlet yang akan berlaga pada even olahraga tersebut. Sampai saat para atlet Muaythai masih menjalani pemusatan latihan dan pelatnas setiap pagi dan sore di Senayan, Jakarta.

Seharusnya KOI membuka lebar-lebar pintu untuk para atlet agar berprestasi dan tidak membatasi mereka. Sudirman dari PBMI berpendapat harusnya KOI tidak mengorbankan para atlet yang telah berlatih keras dan serius karena mereka semua berprestasi. KOI harus mengayomi dan membuat tenang para atlet dan bukan malah mendepak mereka.

SEA Games Myanmar 2013 ini akan dilaksanakan dari tanggal 11 Desember sampai 22 Desember mendatang dan diikuti oleh 27 negara Asia Tenggara. Kontingen Indonesia akan diberangkatkan dalam 10 kloter dengan total semua adalah 908 orang yang terdiri dari 621 atlet dan 221 official serta 66 headquarters.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>