Berbagai Versi Sejarah Asal-Usul Lari Marathon

marathon

Banyak orang yang mengenal olahraga marathon sebagai olahraga yang sederhana, murah tetapi tidak mudah. Karena kesederhanaannya marathon dikenal sebagai dasar segala jenis olahraga atletis. Seiring dengan perkembangan olahraga berlari kemudian marathon dibagi menjadi berbagai kelas pada umumnya berdasarkan jarak. Selain itu olahraga lari ini dikembangkan menjadi banyak variasi seperti lari gawang atau lari halang rintang, triathlon dan lain sebagainya.

Tidak ada catatan otentik yang mencatat awal mula sejarah lari marathon tetapi ada beberapa versi legenda yang menceritakan awal mula lari marathon. Berikut adalah sekelumit versi kisah marathon yang mungkin bisa menambah wawasan kita.

Versi yang umumnya berkembang dan dipercaya oleh masyarakat luas adalah berawal dari seorang kurir atau utusan asal Yunani yang bernama Pheiddipides. Ia dikirim dari Marathon menuju Athena untuk menyampaikan kabar bahwa pasukan Persia berhasil dikalahkan dalam perang di Marathon. Kisah ini dipercaya terjadi pada bulan Agustus atau September 490 SM.

Versi pertama ini menyebutkan bahwa Pheiddipides berlari tanpa henti menuju Athena untuk menyampaikan kabar tersebut. Dikisahkan ia berlari sejauh 42.195 km tanpa henti. Pheiddipides kemudian meninggal akibat keletihan setelah menyampaikan kabar tersebut.

 marathon, berita olahraga, lari marathon, sejarah marathon

Untuk menghormati sosok Pheiddipides maka dalam setiap olimpiade selalu disertakan lomba lari marathon. Bahkan lebih dari itu, biasanya event olahraga olimpiade juga diawali dengan lari marathon dalam jarak yang panjang dengan membawa obor. Tentu saja lari marathon ini tidak dilakukan seorang diri tetapi bergiliran dengan atlet marathon lainnya.

Versi kedua tidak menceritakan tentang kurir yang berlari tetapi menceritakan tentang peperangan Persia melawan Athena yang terjadi pada tahun 490 SM di Marathon. Pasukan Persia yang dipimpin Darius I membawa pasukan dalam jumlah yang sangat besar daripada Athena namun pasukan Persia bisa diaklukkan sehingga kehilangan lebih dari 6500 tentara sedangkan pasukan Athena hanya kehilangan 192 tentara.

Versi ketiga sedikit mirip dengan versi pertama namun ada sedikit perbedaan. Disebutkan bahwa Pheiddipides tidak berlari menuju Athena tetapi ke Sparta untuk meminta bantuan. Ia berlari sejauh 240 km menuju Sparta karena diutus untuk meminta agar Sparta mau membantu berperang melawan Persia. Permohonan tersebut ditolak oleh pihak Sparta sehingga Yunani harus berperang dengan dukungan dari Platea.

Versi keempat lebih berbeda lagi. Dalam versi keempat dikatakan bahwa sejak awal olahraga lari marathon memang sudah diperlombakan di kota Athena     sebagai bagian dari olimpiade. Lomba lari marathon pertama kali dimenangkan oleh Eucles. Figur Pheiddipides dalam versi ini dikatakan memenangkan lari marathon kedua seteleh Eucles. Lomba ini digelar secara rutin lalu seiring dengan perkembangan waktu berkembang menjadi olimpiade hingga kemudian berkembang lagi menjadi olimpiade modern.

marathon, berita olahraga, lari marathon, sejarah marathon

BACA JUGA:

Jenis Olahraga Yang Cocok Untuk Penderita Asma

Olahraga Aneh Dan Unik

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>