Cara Berlari Yang Salah

5. Cara Berlari Yang Salah 1

Olah raga lari adalah salah satu olah raga yang paling bagus sekaligus paling murah karena Anda tidak memerlukan banyak biaya. Selain murah, lari juga olah raga yang paling menyenangkan karena Anda bisa melakukannya dengan keluarga atau berdua dengan pacar. Namun olah raga yang seharusnya bisa menjadi menyenangkan kadang berubah menjadi menyebalkan, sakit,  dan bahkan bisa berbuntut pada kecelakaan atau cedera.

Ada beberapa hal yang menyebabkan olah raga lari menjadi menyakitkan bahkan cedera dan banyak dari penyebab tersebut tidak Anda sadari padahal Anda yang melakukannya. Beberapa cara berlari yang salah yang menyebabkan cedera dan sakit adalah sebagai berikut:

1.  Sepatu yang salah

2.  Kecepatan lari tidak diatur

3.   Overstriding

4.  Dehidrasi

5.  Overtraining

Mempergunakan sepatu yang salah sama parahnya dengan tidak mempergunakan sepatu sama sekali saat berlari. Yang perlu Anda perhatikan adalah saat berlari pergunakanlah sepatu yang sesuai dan ideal. Penting untuk memastikan bahwa sepatu yang Anda kenakan adalan sepatu lari yang berukuran pas dengan kaki Anda serta terbuat dari bahan yang lentur serta ada ventilasinya. Selain itu gantilah sepatu ketika sudah ada tanda-tanda kerusakan atau setelah berlari sepanjang 500km.

 

Cara berlari yang salah berikutnya adalah tidak mengatur kecepatan lari. Saat Anda berlari seharusnya Anda menjaga kecepatan lari sehingga ritme gerakan kaki, tangan dan tubuh seimbang sehingga memaksimalkan hasil olah raga yang diperoleh tubuh. Jika Anda terlalu cepat maka Anda akan lari dengan tidak terkendali dan bisa menabrak sesuatu didepan Anda dan membuat Anda cedera. Selain itu kecepatan yang tidak teratur juga membahayakan otot-otot yang dipergunakan untuk lari karena dipaksa bergerak dengan cepat.

Overstriding adalah kesalahan berikutnya. Kesalahan ini dibuat ketika Anda berlari namun yang Anda daratkan terlebih dahulu adalah tumit baru telapak kaki. Hal ini sangat berbahaya karena bisa menyebabkan cedera pada persendian dan otot kaki. Usahakan berlari dengan kaki dekat pada tanah dan kaki mendarat dengan sempurna dan natural yang akan membuat lari Anda semakin cepat namun keseimbangan Anda terjaga dengan baik.

Saat Anda berlari, hindari mengalami dehidrasi karena hal ini hanya akan menghambat lari Anda dan bahkan membahayakan Anda. Untuk menghindari dehidrasi, sebelum berlari minumlah dengan cukup namun jangan banyak-banyak karena akan membuat Anda tidak nyaman. Jangan lupa untuk minum pada saat berlari dan juga setelah berlari untuk mencegah Anda dehidrasi dan pingsan.

Cara berlari yang salah berikutnya adalah overtraining. Yaitu berlari tanpa beristirahat karena menganggap bahwa hal tersebut akan membuat performa Anda meningkat. Ketika Anda berlari dan lelah, istirahatlah sejenak agar energi Anda pulih dan Anda bisa mengurangi resiko cedera otot karena kelelahan. Perhatikan semua hal diatas ketika Anda berlari agar mendapatkan hasil yang maksimal.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>