ChessBoxing Olahraga Unik Antara Catur Dan Tinju

ChessBoxing Olahraga Unik Antara Catur dan Tinju

Jika ada yang tanya, apa nama olahraga yang tidak akan bisa membuat cedera, lelah dan letih? Catur adalah jawabannya. Kebanyakan yang menyukai olahraga catur ialah kalangan-kalangan orang tua yang memang setiap harinya hampir dihabiskan untuk bermain catur bersama rekan-rekannya. Namun saat ini, catur sudah menjadi cabang olahraga yang dipertandingkan. Tidak hanya orang tua, anak-anak sudah banyak yang menggandrungi catur. Lain halnya dengan olahraga Tinju. Olahraga yang berciri khas adu jotos tersebut tidaklah sembarang orang bisa melakukannya. Perlu teknik khusus yang harus dikuasai agar bisa bertinju. Oleh karena itu jenis olahraga ini hanya bisa dimainkan oleh seorang atlet saja. Namun bagaimana jika 2 olahraga tersebut digabung menjadi 1 olahraga unik dan menarik?

Dibelahan dunia yang lain, ternyata ada sebuah olahraga unik yang bernama ChessBoxing. Jenis olahraga tersebut merupakan sebuah penggabungan antara catur dengan tinju dimana untuk memainkannya ada aturan ronde yang dilakukan secara bergantian dan tempatnya diatas ring seperti olahraga tinju pada umumnya. Jika anda melihat langsung olahraga ChessBoxing ini maka yang muncul adalah ini merupakan olahraga yang benar-benar unik. Dalam aturan permainan ChessBoxing, seorang peserta memang wajib menjadi 2 keterampilan diantara menjadi pemain catur dan pemain petinju. Karena saking uniknya, ChessBoxing semakin popular di Negara-negara berkembang seperti Los Angeles, Australia, Berlin, London dan Siberia.

chess boxing, catur, olahraga unik, berita olahraga

Pada pertandingan ChessBoxing tersebut terdiri dari 11 ronde yang sudah ditentukan oleh panitia lomba. Dari 11 ronde tersebut dilakukan berbolak-balik antara catur dan tinju. Dalam 1 rondenya dibagi menjadi 4 menit Catur, 2 menit tinju dan bergantian catur dan tinju sampai ronde berakhir. Jika mendengar ronde telah berakhir, seorang atlet diperbolehkan beristirahat selama 1 menit saja lalu kembali bermain ke ronde berikutnya. Total waktu untuk permainan ChessBoxing adalah selama 12 menit. Aturan penilaian juri ialah ketika seorang atlet berhasil memenangkan pertandingan hingga KO dan Skakmat. Bisa juga jika seorang atlet terlalu lama memindahkan catur hingga 12 menit lamanya.

Hal-hal yang diperbolehkan selama permainan catur berlangsung ialah seorang atlet bisa memakai HP (Handphone). Alasan mengapa terkadang seorang peserta ingin memakai HP dikarenakan terlalu ramainya sorak sorai penonton yang berkomentar mengenai jalannya catur. Jika dalam perjalanan permainann catur mengalami kebuntuan, seorang peserta berhak menggunakan cabang tinju untuk bisa memenangkan pertandingan. Akan tetapi jika skor yang didapat seri, pihak juri langsung menentukan peserta yang memiliki potongan hitam yang berhak memenangkannya. Sungguh di luar akal anda bukan? Walaupun olahraga ini terkesan unik dan aneh, namun di setiap event yang diperlombakan para pesertanya semakin banyak yang mendaftar. Semoga artikel tentang olahraga unik ChessBoxing ini bermanfaat khususnya bagi pembaca.

chess boxing, catur, olahraga unik, berita olahraga

BACA JUGA:

Komentar Ketua Ski Racing Australia Setelah Menuai Banyak Kecaman

BASE Jumping, Olahraga Orang-Orang Yang Sudah Tak Sayang Nyawa

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>