Efek Aneh Olahraga yang Perlu Anda Waspadai

Stressed Schoolboy with Head in Hands

Olahraga memang merupakan kebiasaan yang sehat bahkan harus dilakukan setiap hari oleh semua orang. Olarahga memiliki banyak manfaat baik bagi kesehatan tubuh dan pikiran. Tapi ternyata, olahraga juga menimbulkan efek samping yang aneh. Lalu apa saja efek aneh olahraga? simak penjelasannya berikut ini.

Salah satu efek aneh olahraga adalah sakit kepala. Sakit kepala akan timbul jika Anda sering melakukan kegiatan outdoor. Hal ini disebabkan oleh banyak faktor seperti polusi, sinar matahari dan suara kendaraan atau hiruk pikuk lalu lintas. Selain sakit kepala, melakukan olahraga berpotensi membuat Anda pilek.

Pilek setelah olahraga disebabkan pengaruhnya terhadap kelenjar lendir dari hidung. Hal ini akan membuat hidung terasa gatal dan berkedut. Olahraga outdoor juga akan menyebabkan hidung Anda meler karena polusi, asap, udara kotor, dan bau tidak sedap. Selain, dua hal tersebut, efek aneh olahraga lainnya yang patut diwaspadai adalah jerawat.

Saat berolahraga, Anda sering menggunakan celana ketat. Pemakaian celana ketat akan meningkatkan produksi keringat yang akhirnya menekan pori-pori kulit. Hasilnya, pantat Anda akan berjerawat. Olahraga seperti bersepeda dalam waktu yang lama juga akan membuat jerawat di pantat Anda semakin banyak. Tentunya, ini akan membuat Anda merasa terganggu dan tidak nyaman.

Selain berjerawat, efek aneh olahraga adalah mulas. Mulas dapat terjadi khususnya bagi Anda yang sedang melakukan latihan kardio seperti sit up, berjalan dan jogging. Hal ini bisa terjadi karena makanan yang ada di perut Anda akan terdorong ke atas. Efek lainnya adalah asam lambung Anda akan naik sehingga Anda akan merasa mulas atau mual.

Terkadang, tubuh Anda tidak seimbang setelah melakukan olahraga. Hal ini juga merupakan efek aneh olahraga. Biasanya, efek ini karena Anda terlalu banyak mengkonsumsi protein buatan atau suplemen. Akan lebih baik untuk mengkonsumsi protein alami seperti telur, susuk dan pisang.

Terus menerus mengkonsumsi protein buatan tidak baik bagi kesehatan termasuk tidak imbangnya tubuh Anda. Jika Anda terus-terusan menguap sehabis olahraga maka sepertinya Anda terpengaruh efek aneh olahraga. Memang tidak ada yang tahu mengapa menguap bisa terjadi khususnya saat pemanasan. Kemungkinan yang terjadi adalah karena Anda melakukan pemanasan yang tidak sempurna tetapi meneruskan ke olahraga inti.

Perlu diketahui bahwa tubuh Anda membutuhkan waktu untuk menyesuaikan diri dengan asupan oksigen yang tiba-tiba masuk. Hal ini akan meningkatkan sirkulasi darah Anda. Walaupun ada beberapa efek aneh olahraga tapi bukan berarti Anda tidak melakukan olahraga sama sekali. Pastikan untuk melakukan olahraga dengan benar dan di waktu dan dalam keadaan yang tepat. Semoga dengan melakukan olahraga secara benar, efek tersebut bisa dikurangi atau bahkan tidak akan terjadi pada Anda. Sebaliknya, Anda akan terus mendapatkan efek baik dari aktivitas olahraga yang Anda lakukan.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>