Efisiensi Latihan Renang

Warrior Games 2012

Olahraga merupakan kegiatan penting yang harus dilakukan secara rutin agar Anda bisa menjaga kesehatan. Selain menjaga kesehatan, Anda juga bisa mendapatkan bonus tubuh dengan penampilan yang menarik setelah berolahraga.

Ada berbagai jenis olahraga yang bisa Anda lakukan. Banyak orang yang merasa bosan dengan latihan yang dilakukan di darat dengan beragam alat sehingga mereka memilih untuk melakukan jenis olahraga yang bisa membuat mereka melatih kebugaran fisik dan bersenang-senang seperti olahraga air. Olahraga air sendiri terdiri atas beragam jenis dan salah satu olahraga air yang banyak diminati adalah berenang.

Tidak bisa dipungkiri bahwa olahraga ini cukup digemari karena berenang pada dasarnya merupakan olahraga yang dibarengi dengan kesenangan. Jelas olahraga renang mempunyai manfaat yang besar bagi kesehatan Anda selain bisa membantu Anda melatih kekuatan Anda.

Namun, agar hasil yang didapat melalui latihan berenang bisa Anda dapat dengan maksimal, ada beberapa hal penting yang sebaiknya Anda perhatikan saat menjalani latihan. Hal pertama yang tidka boleh dilupakan saat menjalankan olahraga apa pun termasuk olahraga renang adalah pemanasan. Pemanasan wajib dilakukan sebelum Anda melakukan latihan renang agar risiko cedera saat latihan bisa dikurangi.

Saat melakukan olahraga tertentu, Anda tentu harus menyesuaikan pakaian yang Anda kenakan agar Anda bisa dengan leluasa melakukan olahraga tersebut. Untuk melakukan latihan renang, Anda pasti membutuhkan pakaian renang yang sesuai. Anda sebaiknya mengenakan pakaian renang yang terbuat dari bahan yang hangat dan elastis sehingga tubuh Anda bisa lebih terlindung dari dinginnya air. Hal ini penting mengingat suhu tubuh akan menurun dengan drastis terlebih jika Anda berada di dalam air dalam jangka waktu lama.

Sebagaimana umumnya olahraga, Anda disarankan tidak langsung melakukan gerakan berat. Anda sebaiknya memulai latihan terlebih dahulu sebelum Anda bisa sungguh-sungguh berenang agar risiko kram otot saat berada di dalam air bisa lebih dikurangi. Kasus kram otot ini banyak terjadi akibat gerakan mendadak atau menghentak yang dilakukan pada otot tertentu.

Biasanya Anda akan berhenti sejenak saat Anda merasa sudah sangat berkeringat dalam menjalankan olahraga tertentu, tetapi Anda akan kesulitan mengikuti pedoman ini saat berenang. Istirahat tetap dibutuhkan saat berenang dengan membatasi waktu untuk melakukan intensitas gerakan dengan jarak 4×50 meter sebelum beristirahat selama 15-20 menit. Kemudian, Anda bisa melanjutkan gerakan selanjutnya dengan intensitas latihan yang meningkat.

Saat Anda melakukan olahraga lari, Anda disarankan untuk tidak memforsir kekuatan dengan tingkat kekuatan dan kecepatan yang sama selama latihan. Hal yang sama juga perlu Anda lakukan saat latihan renang. Anda sebaiknya memberikan variasi dalam latihan dari segi kecepatan. Jika kecepatan saat latihan bisa Anda lakukan dengan benar, Anda bisa mengurangi waktu latihan dan mendapatkan hasil yang lebih optimal terutama untuk meningkatkan kekuatan Anda.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>