Fakta Unik yang Perlu Diketahui Tentang Catur

Fakta Unik yang Perlu Diketahui Tentang Catur3

Tak banyak yang paham bahwa catur, bukan hanya sekedar permainan yang dilakukan oleh dua orang di kala senggang dan mengusir waktu, tetapi juga kini secara resmi telah terdaftar sebagai bagian dari cabang olahraga. Memang olahraga ini hanya dilakukan sambil duduk dan terkesan tidak butuh mengeluarkan banyak tenaga seperti sepakbola, bulutangkis dan lain-lain, namun begitu bukan berarti bermain catur adalah hal yang mudah. Walaupun secara fisik pemain tidak banyak melakukan aktifitas, namun dalam bermain catur kita dituntut untuk lebih mengandalkan daya pikiran dan strategi. Bisa dikatakan, catur adalah olahraga untuk syaraf-syaraf otak. Sebegitu rumit dan sulitnya permainan ini sehingga membuat pikiran sangat lelah dan efeknya tubuh juga bisa merasakan sangat lelah.

Yang lebih uniknya lagi mengenai olahraga catur adalah bahwa siapa saja bisa bermain olahraga ini, tanpa ada batasan usia dan gender. Bahkan permainan ini bisa anda mainkan kapan saja dan dimana saja, bahkan secara online dimana anda bisa menantang pemain dari belahan dunia lain secara virtual. Apabila anda tertarik dengan olahraga yang satu ini maka beberapa fakta menarik tentang catur akan membuat anda merasa lebih tertarik kepada olahraga ini.

Sejarah Panjang

Catur memiliki sejarah yang sangat panjang dan dipercaya berasal dari India pada jaman pemerintahan Raja Gupta. Permainan Catur kemudian berkembang ke berbagai negara sehingga masuk akal bila banyak juga perkembangan yang terjadi pada permainan catur

olahraga, catur, fakta unik, gila sport, sport

Durasi yang Beragam

Pertandingan catur bisa berjalan sangat cepat atau lama sekali. Pertandingan cepat biasanya dilakukan dengan chess clock dimana masing-masing pemain hanya diberi waktu yang singkat untuk berpikir dan ini bisa dimonitor melalui chess clock. Tercatat pertadingan catur terlama adalah 20 jam dan 15 menit.

Perubahan Manuver Ratu

Ratu memiliki perubahan manure terbanyak yang dulunya hanya boleh bergerak dalam dua langkah, lalu sekarang bisa bergerak secara vertikal, horizontal maupun diagonal dengan jumlah langkah bebas.

Bertanding Catur tanpa Melihat

Pemain catur tidak harus melihat papan catur saat bertanding karena bisa dilakukan dengan mata tertutup. Si pemain catur hanya perlu seseorang untuk memberitahukan posisi bidak catur di medan catur. Orang itu juga perlu membantu menempatkan posisi bidang sesuai instruksi pemain catur.

Jumlah Langkah yang Tak Terbatas

Medan catur memang sangat kecil namun ada 9 juta lebih kemungkinan langkah yang bisa diambil oleh pemain catur. Inilah yang merupakan bagian tersulit dan paling menantang dari catur itu sendiri.

Catur Sehat untuk Otak

Catur membutuhkan konstentrasi yang tinggi dan analisa yang akurat. Inilah mengapa catur disarankan untuk para lansia dan juga para penderita Alzheimer supaya meningkatkan memori dan analisa mereka.

 olahraga, catur, fakta unik, gila sport, sport

BACA JUGA:

Macam-Macam Bendera di Lintasan F1

Tips Sederhana untuk Persiapan Bersepeda

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>