Ini Olahraga Terbaik Untuk Melatih Pernapasan

4.Ini Olahaga Terbaik Untuk Melatih Pernapasan.1

Teknik pengaturan pernapasan bisa menjadi salah satu faktor penentu apakah seseorang bisa menjadi pecundang atau pemenang dalam sebuah kompetisi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh University of Portsmouth, jika otot-otot untuk pernapasan dilatih dengan baik akan meningkatkan performa seseorang hingga 15 persen lebih baik. Ini tentu akan sangat berguna bagi para atlet olahraga.

Misalnya, seorang pelari akan mampu menempuh jarak yang lebih panjang. Sedangkan bagi seorang perenang akan mencapai catatan waktu yang lebih singkat. Lalu bagaimana caranya melatih pernapasan? Berikut ini beberapa latihan yang dapat Anda lakukan untuk memiliki teknik pernapasan yang lebih baik.

Lari

Saat seseorang melakukan latihan cardio, 80 persen dari latihan tersebut dilakukan oleh diafragma. Suatu penelitian dari Brunei University memperlihatkan bahwa memperkuat diafragma mampu memaksimalkan pernapasan yang berakibat apda peningkatan daya tahan. Kepala pelatih The Running Center New York, Mindy Solkin memberikan tips untuk melatih teknik pernapasan diafragma.

Pernapasan yang terkoordinasi. Anda bisa memulai dengan pola dua-dua, yaitu menarik dan mengeluarkan napas dengan masing-masing 2 hitungan. Untuk tahap selanjutnya, gunakan pola tiga-tiga, kemudian pola empat-empat.

Berenang

Melatih pernapasan dalam air adalah langkah awal yang bagus untuk memulai latihan pernapasan. Namun, terlalu cepat menarik napas juga tidak akan menghasilkan apa-apa. Berdasarkan studi yang dilakukan University of the Pacific Amerika Serikat, mereka menemukan bahwa para atlet renang yang mengurangi frekuensi bernapas sukses meningkatkan suplai O2 ke otot.

Anda bisa mendongkrak kapasitas paru-paru dengan cara meningkatkan jumlah hitungan tiap satu tarikan napas. Cobalah secara bertahap sampai Anda berhasil melakukannya dalam 8 hitungan. Jika berhasil, tentu Anda akan memiliki teknik pernapasan yang lebih baik.

Bersepeda

Lance Armstrong memiliki modal yang kuat menjadi juara dalam balap sepeda. Terlepas dari kasus dopingnya, ia memiliki kapasitas paru-paru mencapai 8 liter. Ini 2 liter lebih banyak daripada kapasitas rata-rata.

Walaupun faktor genetik juga memiliki peranan di sini, Anda tetap mampu melatih diri sendiri sampai menjadi lebih efisien. Saat melatih pernapasan, pakailah teknik angkat beban menggunakan teknik pernapasan yang lambat dan panjang saat berlatih beban. Pada dasarnya, bersepeda menggunakan teknik yang sama yakni satu dorongan panjang dan menarik napas secara cepat serta mendalam sebelum mengeluarkannya pelan-pelan.

Bermain Sepakbola

Vo2 maksimal mengukur berapa cepat paru-paru seseorang mengganti CO2 dengan O2. Ini juga menunjukkan seberapa cepat darah mampu mengalirkan O2 ke otot seseorang. Lalu, bagaimana caranya mendongkrak VO2 maksimal?

Untuk mendongkrak VO2 maksimal, Anda bisa menerapkan pola latihan yang dianjurkan oleh pelatih Fulham FC, Gavin Taylor berikut. “Lakukan sekuens latihan ini terus menerus tanpa jeda,” ucap Taylor. Selain itu, sebelum melakukan latihan sebaiknya melakukan pemanasan dulu.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>