Instrumen dan Komponen yang Diperlukan untuk Skateboarding

Instrumen dan Komponen yang Diperlukan untuk Skateboarding1

Skateboarding sepertinya adalah olahraga yang ringan karena kita hanya meluncur di atas papan skateboard. Namun sebenarnya jenis olahraga ini bisa dikatakan ekstrim karena ada banyak faktor resiko seperti terjatuh, luka hingga patah tulang. Memang pada dasarnya kita membutuhkan papan skateboard sebagai instrument utama untuk skateboarding tetapi pada papan tersebut terdapat beberapa bagian yang sangat penting dan tak bisa dipisah-pisahkan.

Deck

Deck adalah papan skate yang kita gunakan untuk berpijak saat bermain skateboarding. Papan ini harus kuat untuk menahan beban tubuh kita. Papan skate juga harus ringan supaya memudahkan kita dalam bermanuver. Tentu saja deck harus terbuat dari bahan yang berkualitas sehingga tidak mudah patah. Deck tersedia dalam berbagai ukuran dan model desain jadi ketika anda hendak bermain skateboarding usahakan memilih deck yang nyaman untuk dipakai.

Wheels

Sesuai dengan namanya wheels adalah roda yang membuat papan skate bisa meluncur. Fungsi roda-roda pada papan skate tidak perlu dipertanyakan lagi karena mereka bekerja seperti halnya roda pada mobil atau motor. Semua papan skate memiliki empat buah roda yang terdiri dari dua roda di bagian depan dan dua lainnya di belakang. Seperti halnya dek, roda papan skate juga tersedia dalam beberapa pilihan ukuran dan ketebalan. Bahan yang digunakan untuk roda papan skate pada umumnya adalah dari polyurethane karena bahan ini kuat, ulet dan ringan.

skateboarding, olahraga, instrumen, komponen, skateboard

Trucks

Pada dasarnya truck adalah besi penyangga yang menghubungkan papan skate dengan roda. Trucks berperan ganda yaitu sebagai penyangga papan sekaligus sebagai poros dari roda. Semua papan skate memiliki dua buah trucks yaitu di bagian depan untuk menghubungkan papan dengan dua roda bagian depan dan di belakang untuk menghubungkan papan dengan dua roda di bagian belakang.

Bearings

Komponen ini menjadi penghubung antara roda dengan trucks. Selain itu bearings digunakan untuk mengencangkan roda agar tidak lepas dari trucks.

Bushing

Komponen ini terbuat dari karet yang keras dan berfungsi menopang kinerja trucks. Saat skateboarding trucks mengalami hentakan-hentakan maka diperlukan bushing untuk meredam hentakan tersebut supaya trucks tidak mudah patah.

Riser

Komponen ini terletak dan menghubungkan antara trucks dengan deck atau papan skate. Komponen ini cukup penting karena bisa menentukan arah papan skate.

Grip Tape

Grip tape artinya pita cengkeraman. Sebenarnya adalah sebuah alas tipis yang direkatkan pada papan deck. Pada umumnya deck memiliki permukaan licin dan ini berbahaya bagi para skater karena mereka pasti akan terpeleset dan jatuh. Maka dari itu lalu direkatkan grip tape pada papan skate supaya deck tidak licin. Grip tape sendiri pada umumnya memiliki sisi permukaan yang kasar yang fungsi utamanya adalah supaya skater tidak terpeleset saat berpijak pada deck. Karena permukaan grip tape yang kasar selalu pastikan untuk memakai sepatu saat berpijak pada grip tape karena kaki telanjang pasti akan terluka karenanya.

skateboarding, olahraga, instrumen, komponen, skateboard

BACA JUGA:

5 Cewek Skater Heboh

X Games, Wadah Khusus Bagi Penggila Olahraga Ekstrem

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>