Jenis Olahraga Yang Cocok Untuk Penderita Asma

olahraga untuk asmia

Olahraga sangat penting bagi kebugaran dan kesehatan tubuh kita. Idealnya kita semua harus berolahraga secara rutin agar tetap sehat tetapi bagi para penderita asma berolahraga mungkin bisa jadi terlalu beresiko. Namun ini tidak berarti bahwa para penderita asma tidak boleh berolahraga karena sebenarnya apa yang mereka butuhkan adalah memilih jenis olahraga yang tepat bagi kondisi fisik mereka supaya mereka tetap sehat dan selalu membawa inhaler apabila sewaktu-waktu mereka membutuhkan pertolongan pertama saat asma kambuh. berikut adalah beberapa pilihan olahraga yang cocok dengan penderita asma.

Jalan Cepat

Jalan cepat bisa menjadi ideal bagi para penderita asma karena olahraga ini tidak tergolong terlalu berat bagi mereka. Sebaiknya olahraga ini diawali dengan pemanasan dan peregangan selama lima menit lalu dilanjutkan jalan cepat selama kurang lebih setengah jam lalu diakhiri dengan pendinginan selama lima menit. Olahraga ini bisa dilakukan dua atau tiga kali dalam seminggu untuk menjaga tubuh tetap bugar.

Voli

Olahraga voli memang terlihat berat akan tetapi kenyataannya tidak. Bahkan voli lebih ringan dibandingkan bulutangkis apalagi basket. Ini karena voli dimainkan dalam satu lapangan yang tidak terlalu besar dan dilakukan bersama-sama dalam satu tim jadi penderita asma tidak perlu beraktifitas terlalu banyak saat bermain voli.

 berita olahraga, penderita asma, tips olahraga, voli, yoga

Sepeda Santai

Olahraga ini terbilang ringan bahkan lebih ringan daripada jalan cepat. Selain ringan sepeda santai juga cukup rekreatif apalagi mengambil medan yang landai dan mulus. Mungkin penderita asma merasa kesulitan untuk bersepeda santai apabila mereka tinggal di kota-kota besar dengan tingkat polusi dan kemacetan yang tinggi. Akan tetapi saat ini sudah banyak kota yang menerapkan kebijakan Car Free Day dan ini bisa menjadi kesempatan bagi penderita asma bila mereka ingin bersepeda di perkotaan tanpa khawatir dengan asap kendaraan yang bisa memperburuk asma.

Yoga

Yoga sangat cocok bagi semua penderita asma dan bahkan malah disarankan bagi semua penderita asma. Alasannya adalah karena yoga banyak terfokus pada olah pernafasan jadi ini membantu melatih organ-organ yang dipakai dalam pernafasan. Dengan berlatih yoga maka penderita asma dapat secara perlahan meningkatkan kinerja paru-paru sehingga mengurangi ketergantungan terhadap berbagai obat-obatan asma.

Tai Chi

Selama ini Tai Chi dikenal dan masuk ke dalam kategori seni bela diri asal China. Akan tetapi berbeda dengan seni bela diri seperti karate, pencak silat dan lain-lain Tai Chi lebih menitikberatkan pada pernafasan dan seni gerak yang seimbang. Olahraga ini tergolong ringan dan cocok sekali untuk melatih pernafasan bagi para penderita asma.

Apapun jenis olahraga yang dipilih hendaknya para penderita asma terlebih dahulu memulainya dengan pemanasan dan selalu membawa inhaler untuk pertolongan darurat. Pastikan kondisi badan sedang baik dan siap untuk berolahraga.

berita olahraga, penderita asma, tips olahraga, voli, yoga

BACA JUGA:

Olahraga Aneh Dan Unik

Deretan Olahraga Unik Di Dunia

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>