Kejadian Unik di Olimpiade London 2012

Kejadian Unik di Olimpiade London 20121

Olimpiade adalah ajang pertandingan olahraga paling bergengsi di dunia. Di sinilah banyak atlet dari berbagai negara di seluruh dunia hadir untuk bertanding memperebutkan medali emas untuk berbagai jenis perlombaan dan pertandingan olahraga. Selama masa Olimpiade sudah barang tentu akan ada moment gembira dan sedih yang dialami oleh para atlet maupun para pendukungnya.

Moment gembira dirasakan saat sang atlet berhasil memenangkan medali emas dan moment menyedihkan akan dialami saat sang atlet kalah dalam kompetisi olahraga di Olimpiade.

Namun ternyata ada juga moment yang tak terlupakan lantaran terjadi kejadian unik yang tak lazim. Berikut adalah beberapa kejadian unik yang terjadi pada olimpiade terakhir tahun 2012 yang lalu di London, Inggris.

Atlet Tampil Tanpa Papan Nama Negara

Biasanya sebelum semua cabang olahraga diperlombakan di olimpiade para atlet akan berpawai di acara pembukaan olimpiade mewakili negara mereka masing-masing. Namun kejadian unik terjadi pada Olimpiade London 2012 yang lalu karena menampilkan kontingen atelt tanpa nama negara. Atlet-atlet tersebut hanya mengusung papan nama bertuliskan IOA singkatan dari Independent Olympic Athletes atau atlet olimpiade independen. Ini terjadi karena para atlet tersebut tidak bisa memenuhi syarat yang berlaku di olimpiade yang lalu.

Reginald de Windt (atlet judo) Liemarvin Bonevacia (atlet lari 400 meter) dan Philipne Van Aanholt atlet layar adalah para atlet asal Antiles Belanda namun negara ini secara politis dan birokratis terpecah. Sedangkan Guor Marial atlet lari marathon berasal dari Sudan Selatan, negara yang baru saja lahir di tahun yang sama dengan olimpiade saat itu. Otomatis sebagai negara baru ia belum melengkapi persyaratan kenegaraan. Sebagai solusinya lalu mereka di kualifikasikan dan di kategorikan secara independen.

berita olahraga, kejadian unik, olimiade london, 2012, olahraga

Peserta Lomba Lari Atletik Tanpa Kaki

Olimpiade London 2012 adalah olimpiade pertama dalam sejarah yang memperbolehkan pelari tanpa kaki untuk berkompetisi melawan pelari-pelari normal lainnya di ajang lomba lari atletik. Oscar Pistorius dari Afrika Selatan adalah pelari yang tak memiliki sepasang kaki karena telah diamputasi.

Meskipun tanpa kaki pemenang Paralympic 2008 ini berlari dengan mengenakan Flex-Fod Cheetah yaitu kaki palsu dengan bahan dan model khusus untuk berlari. Memang saat itu Pestorius gagal menang namun ia merasa puas karena keberadaannya dan kiprahnya dihargai oleh banyak orang.

Salah Bendera

Insiden ini sangat memalukan dan mungkin bisa merembet ke masalah politis. Kejadian bermula saat pembukaan pertandingan sepakbola putri antara Kolombia melawan Korea Selatan. Memang panitia harus menampilkan nama atlet atau paling tidak bendera negara asal para atlet yang sedang berlaga. Sialnya, entah karena apa panitia salah mengibarkan bendera, Seharusnya panitia mengibarkan bendera Korea Selatan tetapi panitia malah mengibarkan bendera Korea Utara.

Spontan Korea Utara protes keras tapi untung saja kemudian Korea Utara memahami kesalahan tersebut sehingga pertandingan masih bisa berlanjut dan masalah tida merembet ke ranah politis.

 berita olahraga, kejadian unik, olimiade london, 2012, olahraga

BACA JUGA:

Berbagai Versi Sejarah Asal-Usul Lari Marathon

Macam-Macam Bendera di Lintasan F1

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>