Kudu Dung, Olahraga Aneh nan Unik dari Afrika

5 Kudu Dung, Olahraga Aneh nan Unik dari Afrika 2

Ada banyak jenis olahraga di dunia ini. Selain itu, setiap daerah juga mempunyai olahraga khas masing-masing. Hal ini dikarenakan perbedaan kebudayaan dari masing-masing daerah. Hal ini juga menyebabkan seseorang di yang tinggal di daerah dengan kondisi tertentu mungkin lebih menguasai olahraga tertentu, misalnya orang yang tinggal di dekat pantai cenderung lebih bisa berenang daripada orang yang rumahnya sangat jauh dari pantai.

Meskipun begitu, terkadang olahraga unik tiap daerah bisa menjadi pertunjukkan yang menyenangkan. Atau bisa juga menjadi destinasi wisata yang paling banyak dikunjungi. Misalnya, di Afrika. Di Benua Hitam itu terdapat olahraga unik yang bernama Kudu Dung.

Bagi Anda yang termasuk orang yang gampang jijik, maka Anda mungkin akan mengatakan Kudu Dung adalah olahraga aneh yang menjijikkan. Padahal, olahraga ini adalah olahraga yang cukup unik, meskipun memang sedikit aneh. Sebenarnya olahraga seperti apakah itu?

Kudu Dung adalah olahraga di mana Anda diharuskan untuk melemparkan kotoran kijang dengan mulut Anda. Sudah lama diketahui di Afrika banyak terdapat kijang, jadi olahraga ini mungkin tercipta dengan alasan itu. Untuk mencari “bahan baku”-nya juga menjadi tidak sulit.

Meski kelihatannya menjijikkan, olahraga ini ternyata merupakan olahraga yang sangat populer di Afrika. Hal ini ditandai dengan banyaknya orang yang mau melakukan olahraga ini. Jadi ketika Anda mengunjungi Afrika, tak ada salahnya Anda melihat penyelenggaraan olahraga unik ini. Jarang-jarang lho Anda menemukan olahraga unik seperti ini di tanah air, maka tak ada salahnya untuk mencobanya juga daripada hanya menonton.

 Cara memainkannya sangat mudah. Yakni dengan mengambil kotoran kijang dengan mulut, kemudian dilontarkan sejauh mungkin. Mungkin caranya hampir mirip dengan meludah. Olahraga ini juga termasuk olahraga perlombaan, karena pemenangnya adalah siapa yang berhasil melontarkan kotoran kijang dengan jarak terjauh. Hampir mirip dengan olahraga melempar, meskipun yang dilempar dan yang digunakan untuk melempar adalah berbeda.

Nah, tahukah Anda bahwa sudah ada pemecah rekor lontaran terjauh? Orang itu bernama Shaun van Rensburg yang berhasil melontarkan kotoran kijang dengan mulutnya sejauh 15,56 meter pada 2006 lalu. Hal ini sungguh hebat, dan rupanya belum ada yang bisa memecahkan rekor ini hingga kini. Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk mengikuti olahraga ini dan memecahkan rekornya?

Jika Anda tertarik tetapi takut dengan kotoran kijangnya, maka Anda tidak perlu khawatir. Kotoran kijang yang digunakan tidak kotor karena sudah disterilkan. Kotoran ini disterilkan dengan alkohol dengan tujuan agar kuman tidak akan masuk ke dalam mulut.

Meskipun begitu, ada banyak peserta yang tidak mempermasalahkan mengenai kuman-kuman itu. Bahkan ada pula yang langsung mengambil kotoran kijang dari tanah untuk digunakan dalam olahraga. Hm, seru juga ya.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>