Langkah Meningkatkan Stamina Lari

4.Langkah Meningkatkan Stamina Lari2

Apa jenis olahraga yang paling sering Anda lakukan? Ada berbagai macam jenis olahraga yang bisa Anda lakukan, tetapi tujuan utama dari olahraga tersebut adalah menjaga kesehatan dan membangun stamina. Mungkin Anda beranggapan bahwa olahraga harus dilakukan di tempat fitness agar Anda bisa secara lengkap melatih seluruh bagian tubuh Anda. Namun, Anda harus menyiapkan dana untuk bisa menggunakan alat fitness yang disediakan.

Nah, banyak orang yang memilih melakukan olahraga yang murah dan bisa dilakukan tanpa harus pergi ke tempat tertentu. Lari adalah olahraga yang bisa dilakukan di mana saja dan bahkan di sekitar tempat tinggal Anda tanpa harus mengeluarkan uang setiap kali Anda melakukan olahraga ini. Selain sederhana, olahraga ini juga dianggap sebagai olahraga paling baik mengingat dengan melakukan olahraga ini, Anda bisa melatih kesehatan tubuh, jantung, dan membakar kalori lebih banyak.

Agar Anda mendapatkan manfaat yang optimal dari olahraga ini, Anda harus meningkatkan stamina lari dengan beberapa cara. Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah melakukan interval training untuk meningkatkan kapasitas radiovaskular, membakar kalori, dan memberi penyegaran pada rutinitas lari Anda.

Anda bisa mulai latihan dengan pemanasan selama 3-5 menit dari jalan, jogging ringan, hingga lari cepat. Anda bisa berlari selama satu menit dengan kecepatan tinggi dan dilanjutkan dengan lari satu menit dengan lambat atau bisa berjalan. Pola ini harus diulang dengan interval 6-8 kali diikuti dengan pendingan selama 3-5 menit. Anda juga bisa melakukan latihan dengan menggunakan piramida interval training, interval variabel, dan interval serring pada treadmill.

Cross training juga bisa digunakan untuk meningkatkan stamina lari dengan melakukan latihan beban dan mengayuh sepeda dengan tegangan tinggi. Selain itu, Anda bisa meningkatkan stamina saat berlari dengan mengikuti spinning class maupun beberapa kali berenang bolak-balik. Latihan tersebut harus dilakukan sebagai kombinai latihan lari rutin Anda.

Ada pula beberapa cara lain yang bisa diakukan untuk meingkatkan stamina berlari Anda. Anda perlu meningkatkan jarak tempuh lari Anda kurang lebih 10% setiap minggunya dan Anda juga bisa melakukan lari jarak jauh setiap akhir pekan. Berlari lebih lama dan lambat serta latihan plyometric juga akan berguna untuk membantu Anda meningkatkan performa lari Anda. Anda bisa juga meningkatkan kecepatan untuk setiap sesi lari dan akan jauh lebih baik jika Anda berlari pada medan yang berlainan.

Satu hal penting yang tidak boleh Anda lupakan jika ingin meningkatkan stamina lari adalah dengan menetapkan jadwal yang melibatkan latihan yang sudah dijelaskan sebelumnya. Anda juga bisa mulai menggabungkan latihan dengan jadwal yang dibuat misalnya setiap tiga minggu sekali. Komitmen sudah pasti menjadi hal yang sangat penting untuk memastikan bahwa latihan Anda berhasil membuat stamina berlari Anda meningkat.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>