Manfaat Peregangan Sesudah Latihan

3 Manfaat Peregangan Sesudah Latihan 1

Jika Anda seorang pelaku fitness, ada baiknya Anda membaca artikel di bawah ini. Mungkin Anda sudah tahu mengenai peregangan sebelum latihan, tetapi bagaimana dengan peregangan setelah latihan? Nah, di sini akan dijelaskan mengapa peregangan sesudah latihan alias cooldown itu penting, dan bagaimana melakukannya.

Peregangan setelah latihan cukup penting dalam menjaga fleksibilitas otot tubuh. Selain itu, cooldown ini juga mempunyai manfaat dalam meningkatkan jangkauan gerak, terutama setelah latihan. Jika Anda sering menemui pelaku fitness atau mungkin Anda sendiri mengalami nyeri pada bagian tubuh tertentu, hal ini sebenarnya salah satu gejala akibat dari kurangnya cooldown.

Karena itulah peregangan setelah latihan dan juga tentu saja peregangan sebelum latihan cukup penting agar fleksibilitas otot tetap terjaga. Hal ini juga bertujuan agar nyeri jangka panjang berkurang. Lalu bagaimana melakukannya?

Berikut ini ada beberapa jenis peregangan sesudah latihan yang bisa Anda lakukan. Yang pertama, yakni chest and anterior deltoid stretch. Targetnya adalah otot bahu dan otot dada. Caranya adalah dengan memposisikan kedua tangan berpegangan di belakang punggung dan angkat perlahan hingga terasa kontraksi. Temponya adalah 30 detik dan lakukan 3-4 kali.

Yang kedua adalah shoulder joint stretch. Targetnya otot bahu, dan cara melakukannya adalah dengan bantuan handuk. Angkat handuk ke atas dengan kedua tangan hingga Anda merasakan kontraksi. Temponya sama dengan yang pertama, 30 detik dan lakukan 3-4 kali.

Yang ketiga adalah groin stretch. Melakukan hal ini sebenarnya agak sulit, karena Anda harus membuka kaki dan membungkukkan badan Anda sambil memegang masing-masing pergelangan kaki. Temponya adalah 3-4 kali.

Keempat, Anda dapat melakukan quadriceps stretch. Caranya adalah menarik kaki ke belakang hingga tumit kaki menyentuh pantat. Bertahanlah selama 30 detik. Lakukan peregangan ini sebanyak 3-4 kali untuk masing-masing kaki.

Kelima, yakni stretch lat. Posisikan satu tangan di belakang kepala. Lalu, peganglah siku dengan tangan satunya. Tekan hingga Anda merasakan kontraksi. Lakukan selama 30 detik dan 3 kali untuk tiap tangan.

Selanjutnya adalah calf stretch. Caranya adalah berdiri dengan satu kaki di depan. Gunakan tembok atau benda lain untuk menopang tubuh. Posisikan kaki yang satunya rata dengan permukaan, jadi kaki yang ada di depan ditekuk, dan kaki yang ada di belakang harus lurus dan yang paling penting adalah kedua telapak kaki tetap rata menyentuh permukaan. Tahan selama 30 detik hingga Anda merasakan kontraksi otot, dan lakukan ini sebanyak 3-4 kali untuk tiap kaki.

Terakhir adalah hamstring stretch. Caranya buka kedua kaki Anda sehingga mirip huruf V, kemudian pegang ujung jari salah satu kaki dan bungkukkan tubuh Anda. Bertahanlah selama 30 detik, dan lakukan 3 kali untuk tiap kaki.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>