Melatih Otot Dengan Olahraga Cardio

kardio

Olahraga Cardio merupakan jenis olahraga yang selain melatih otot tubuh secara keseluruhan, juga membantu meningkatkan kesehatan jantung. Ini karena olahraga Cardio mampu meningkatkan denyut jantung 60-85% dari denyut normal. Olahraga Cardio merupakan olahraga dasar yang meliputi melompat, berlari, dan lain sebagainya. Dengan penerapan yang tepat, teratur, dan continyu, olahraga cardio dapat membantu untuk mengecilkan perut dan memberikan tubuh proporsional seperti yang banyak dari kita inginkan. So, apa sajakah yang termasuk olahraga cardio?

1. Jalan Kaki

Tanpa kita sadari, saat berjalan kaki kita melatih semua otot ditubuh kita, mulai dari kaki, pinggul, perut, punggung, dan bahkan lengan. Untuk mendapat hasil yang maksimal, sebaiknya Anda membiasakan diri untuk berjalan dengan langkah yang lebih cepat dari biasanya, sehingga jantung pun akan terpompa lebih cepat dan menghasilkan deyut yang lebih cepat pula. Jalan kaki bisa dilakukan siapapun, dimanapun. Tidak peduli seberapa sibuknya aktivitas Anda di kantor atau rumah, pasti selalu ada waktu yang bisa Anda manfaatkan untuk berjalan kaki. Contoh, Anda bisa berjalan kaki menuju kantor atau menggunakan tangga daripada lift/escalator.

2. Berlari

Olahraga ini murah meriah. Anda tidak perlu ke tempat fitness atau membeli treadmill untuk dapat berlari atau jogging. Dengan berlari, Anda akan mendapat manfaat yang lebih besar dari pada berjalan kaki. Namun begitu, terkadang orang merasa bosan untuk berlari. Untuk mencegah kebosanan, Anda bisa mengajak teman untuk menemani Anda berlari pagi atau sore. Alternatif lainnya adalah dengan sambil mendengarkan musik favorit Anda melalui headphone.

Menurut penelitian, berlari sambil mendengarkan musik dapat meningkatkan performa dan kekuatan fisik Anda hingga 25% dari normal. Ini karena saat Anda mendengarkan musik kesukaan Anda, otak akan merasa lebih rileks dan menurunkan tingkat stress, sehingga Anda dapat berolahraga dengan lebih baik.

 olahraga cardio, berita olahraga, melatih otot

3. Bersepeda

Jika jarak rumah Anda agak jauh dari tempat kerja, Anda bisa mencoba olahraga bersepeda. Selain menyehatkan, dengan bersepeda Anda akan terhindar dari macet, menghemat ongkos bensin, serta juga memudahkan Anda saat mencari lahan parkir. Saat ini banyak perusahaan yang mulai mendorong para karyawannya untuk bersepeda, mulai dari menyediakan lahan parkir khusus dan berbagai fasilitas lainnya yang dibutuhkan, seperti tempat ganti baju atau mandi untuk menghilangkan keringat saat bersepeda.

4. Berenang

Saat Anda berenang, pastinya akan sulit untuk mengetahui apakah Anda berkeringat. Tenang saja, tidak tampak berkeringat bukan berarti olahraga renang tidak menyehatkan. Ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dari berenang, seperti melatih otot lengan, paha, leher, dan juga punggung. Bahkan gaya perenang tertentu memfokuskan pada oror perut, sehingga siapa saja yang ingin mengecilkan perut dapat mecoba olahraga yang paling minim resiko cedera ini.

olahraga cardio, berita olahraga, melatih otot

BACA JUGA:

 5 Mitos Seputar Olahraga Yang Ternyata Salah

10 Hal Penting Sebelum Berenang Bagi Ibu Hamil

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>