Olahraga Goanna Pulling

3.Olahraga Goanna Pulling1

Coba Anda pertimbangkan mengenai jenis olahraga yang Anda kenal dan jenis olahraga yang paling Anda favoritkan. Untuk masyarakat Indonesia, beberapa jenis olahraga seperti sepakbola, bola basket, voli, dan bulutangkis merupakan jenis olahraga permainan yang sudah cukup akrab dengan kehidupan sehari-hari. Sepakbola boleh dikatakan sebagai jenis olahraga yang paling populer tidak hanya di negara ini melainkan juga di dunia.

Namun, mungkin Anda tidak begitu akrab dengan beberapa jenis olahraga seperti olahraga yang dilakukan di area bersalju seperti hoki es, ski, dan snowboarding mengingat sulit bagi kita untuk menemukan salju dalam jumlah banyak di negara tropis padahal olahraga tersebut sangat populer di negara empat musim. Indonesia sendiri juga mempunyai olahraga khas bernama sepak takraw yang mungkin tidak terlalu terkenal di negara Barat sana.

Meskipun demikian, rupanya ada juga jenis-jenis olahraga yang unik dan bisa dibilang aneh. Yang lebih aneh lagi, olahraga tersebut bahkan mempunyai kejuaraan khusus. Anda akan menemukan salah satu olahraga yang unik dan aneh tersebut di Australia.

Australia merupakan tuang rumah dari sebuah olahraga yang diberi nama goanna pulling sekaligus menjadi tuang rumah untuk ajang kejuaraan nasional goanna pulling seluruh Australia. Jika Anda merasa bahwa nama olahraga ini masih asing di telinga, Anda tidak sendiri karena ada banyak orang yang mempunyai tanda tanya besar mengenai olahraga ini dan goanna itu sendiri.

Goanna bukan kata yang asing bagi kita orang Indonesia karena goanna merupakan salah satu jenis kadal yang merupakan binatang asli Australia. Jadi, olahraga macam apa yang membuat pemainnya menarik-narik (pulling) si kadal goanna ini?

Rupanya olahraga ini tidak ada hubungannya dengan kompetisi menarik sejenis kadal, tetapi nama goanna pulling diambil karena pemain yang memainkan olahraga ini terlihat seperti kadal goanna. Jika dilihat pada website resmi olahraga ini, tidak ada nama spesifik mengenai pencipta olahraga unik yang satu ini. Namun, pertemuan pertama yang membahas mengenai penyelenggaraan kejuaraan ini diadakan tahun 1984. Wooli Sports Club mendapat kehormatan untuk menjadi sponsor acara ini meskipun tetap saja orang di balik terciptanya olahraga ini dan alasannya membuat olahraga ini masih tetap tidak jelas.

Yang jelas, olahraga ini melibatkan dua orang pemain yang berada di tempat pertandingan. Pemain berpijak pada kedua tangan dan kaki serta saling berhadapan. Kedua pemain dihubungkan oleh kait kulit pada bagian kepala. Setelah pertandingan dimulai, setiap pemain menggunakan kepalanya untuk menarik lawan masuk ke wilayahnya di dalam arena.

Pada kejuaraan yang berlangsung setiap tahun ini, peserta dibagi ke dalam enam divisi. Pria bisa berpartisipasi untuk divisi terbang, menengah, dan berat. Wanita bisa berpartisi dalam divisi di atas 70 kg dan di bawah 70 kg. Selain itu, ada pula divisi junior yang bisa diikuti oleh anak-anak.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>