Olahraga Teraman dan Termurah Untuk Kesehatan Anda

3. Olahraga Teraman dan Termurah Untuk Kesehatan Anda 2

Untuk menjaga kesehatan maka yang perlu pertama kali dilakukan adalah berolahraga. Olah raga telah terbukti membantu tubuh memperbaiki fungsi-fungsi organ tubuh dan menyehatkan badan. Dari semua jenis olahraga yang mungkin pernah Anda coba, jalan kaki adalah olahraga teraman dan termurah untuk kesehatan Anda. Olah raga jenis ini menjadi alternatif bagi siapapun yang kurang sreg dengan olahraga yang berat dan terlalu banyak menyita waktu.

Jalan kaki memang sederhana dan mudah dilakukan namun jangan salah karena olah raga jenis ini dapat sangat efektif untuk menyehatkan badan Anda dan mencegah kolesterol yang menumpuk didalam tubuh Anda. Bahkan jalan kaki yang tertatur dipagi hari mampu memperbaiki sirkulasi darah dan meningkatkan kandungan oksigen didalam darah. Penelitian juga menyimpulkan bahwa berjalan kaki dapat membuat tulang dan otot lebih kuat serta aman bagi tubuh Anda, bahkan bagi Anda yang mempunyai kelainan.

Kegiatan berjalan kaki sangat aman bagi otot Anda dan memberikan manfaat jangka panjang untuk kesehatan Anda. Kegiatan jalan kaki lebih sedikit membakar karbohidrat sehingga tidak akan pernah menyebabkan katabolisme otot atau penyusutan otot yang biasanya terjadi pada atlit yang melakukan lari marathon atau olah raga lain yang sangat melelahkan.

Kegiatan lari selain merupakan olahraga teraman dan termurah juga sehat bagi jantung Anda. Bagi Anda yang punya penyakit jantung, sangat tidak disarankan melakukan kegiatan olah raga yang berat seperti lari. Yang diperbolehkan untuk penderita jantung adalah jalan kaki yang tidak terlalu berat namun mampu melancarkan peredaran darah dan membantu pelepasan penyumbat pembuluh darah yang menyebabkan kolesterol. Selain itu jalan kaki juga tidak membuat jantung bekerja terlalu keras memompa darah keseluruh tubuh.

Jalan kaki juga mengurangi resiko cedera persendian karena pada saat Anda jalan kaki, persendian mengalami benturan yang lebih sedikit dari berlari dan tekanan yang terjadi juga lebih ringan. Pada kegiatan berlari, pergelangan kaki, lutut dan pinggang serta persendian lain mengalami tekanan yang besar baik untuk menahan berat tubuh maupun gaya gravitasi saat berlari dan hal-hal tersebut tidak baik. Sebaliknya, kegiatan jalan kaki tidak membahayakan persendian karena beban yang diberikan tubuh masih dalam batas kekuatan persendian. Selain itu juga sangat aman bagi penderita osteoporosis dan osteoarthritis.

Untuk itu, saat melakukan olahraga teraman dan termurah untuk kesehatan Anda, lakukanlah dengan baik dan benar seperti mengenakan sepatu untuk jalan kaki yang fleksible, kenakan baju yang mudah dilihat dari jauh agar pengguna jalan lain dapat melihat Anda dan padangan harus kedepan serta konsentrasi penuh. Usahakan selalu rileks saat berjalan kaki dan postur tubuh harus seimbang. Jangan memaksakan diri, jika lelah beristirahatlah sejenak.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>