Olahraga yang Aman dan Cocok untuk Lansia

Olahraga yang Aman dan Cocok untuk Lansia2

Olahraga sangat penting bagi kebugaran dan kesehatan kita. baik anak-anak, remaja, orang dewasa bahkan lansia. Khusus untuk lansia atau kaum lanjut usia, olahraga yang teratur sangat dibutuhkan menjaga kestabilan kondisi fisik dan emosi. Akan tetapi kita lihat banyak para lansia yang jarang berolahraga bahkan pihak keluarga ada yang melarangnya dengan alasan resiko fisik. Ini adalah asumsi yang salah karena para lansia justru perlu untuk berolahraga meskipun dengan cara dan beban olahraga yang berbeda.

Dan walaupun olahraga adalah hal yang penting bagi lansia, bukan berarti lantas kita harus memaksa mereka untuk melakukan berbagai aktifitas olahraga layaknya remaja atau dewasa. Berhubung keterbatasan kekuatan fisik dan refleks, para lansia disarankan untuk melakukan olahraga yang memiliki resiko cedera sangat kecil, namun mampu memberikan manfaat yang positif bagi kesehatan tubuh mereka. Dan berikut ini adalah beberapa jenis olahraga yang terbukti aman bagi para lansia namun juga mampu menjaga kesehatan fisik dan emosi mereka secara efektif:

Jalan Sehat

Jalan Sehat sangat dianjurkan bagi lansia untuk menjaga badan tetap fit dan segar karena olahraga ini sangat ringan dan tidak beresiko sama sekali. Jarak bisa sangat fleksibel tergantung dari kemampuan lansia itu sendiri. Tentu saja para lansia dengan kursi roda tak bisa melakukannya namun tetap saja mereka butuh olahraga walaupun dengan cara yang berbeda, mungkin menjalankan kursi rodanya sendiri juga sudah cukup bagi para lansia tersebut.

Senam

olahraga, lansia, sport, senam, aman

Tentu saja lansia perlu memilih jenis senam yang cocok dengan kemampuan dan kondisi tubuhnya. Senam aerobik tidak cocok karena akan menguras terlalu banyak energi yang justru dapat menyebabkan tingkat kelelahan terlalu tinggi dan cedera otot. Saat ini sudah diciptakan senam lansia yang disesuaikan dengan kemampuan lansia dan ini sangat disarankan karena cukup ringan dan cocok untuk para lansia.

Yoga

Seperti halnya senam lansia yoga juga sangat disarankan untuk para lansia selama gerakan-gerakan yoga yang dipilih juga tidak sulit. Tidak disarankan bagi lansia untuk melakukan gerakan yoga yang cenderung akrobatik.

Tai-Chi

Ada banyak macam disiplin bela diri namun olahraga bela diri yang cocok untuk lansia adalah Tai Chi. Ini karena Tai Chi tidak seperti olahraga karate, tinju dan lain-lain yang membutuhkan tenaga ekstra. Tai Chi meliputi gerak jasmani yang ringan dan seirama sehingga mirip dengan senam lansia.

Catur

Catur bukan hanya sebuah permainan namun juga sebuah cabang olahraga. berbeda dengan cabang olahraga lainnya catur tidak memeras keringat tetapi memeras otak dan inilah yang cocok untuk para lansia, Dengan bermain catur para lansia bisa terus melatih fokus dan konsentrasinya. Dengan demikian catur juga melatih otak untuk bekerja membuat analisa sehingga ini bisa menanggulangi kepikunan.

olahraga, lansia, sport, senam, aman

BACA JUGA:

Tim Red Bull yang Tak Kunjung Usai Dirundung Masalah

Kejadian Lucu di Lapangan Sepakbola

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>