Olahraga yang Disarankan untuk Penderita Asam Urat

Olahraga yang Disarankan untuk Penderita Asam Urat2

Asam urat dikenal sebagai salah satu jenis penyakit yang bisa jadi menyiksa bagi para penderitanya karena mereka tidak bisa bergerak dengan bebas. Ini karena persendian terlebih lagi pada lutut terasa sangat kaku dan nyeri untuk digerakkan. Jelas sekali bahwa asam urat sangat mengganggu aktifitas dan mobilitas kita.

Asam urat biasanya terjadi karena pola makan yang tidak sehat maka dari itu para penderita asam urat pada umumnya harus menghindari beberapa jenis bahan makanan supaya tidak memperburuk penyakit asam urat yang sudah mereka derita. Memang saat ini ada beberapa obat yang diciptakan khusus untuk mengatasi asam urat namun setangguh apapun obat yang diciptakan maka tidak akab bekerja efektif apabila tidak didukung dengan pola hidup dan pola makan yang sehat.

Para penderita juga perlu untuk melakukan olahraga yang rutin dan teratur. Hal ini penting sebab olahraga secara teratur dan terarah akan secara signifikan mampu memperlancar aliran darah ke berbagai persendian sekaligus memperlentur persendian di seluruh tubuh. Namun demikian ini menjadi dilemma bagi para penderita asam urat mengingat untuk melakukan aktifitas sehari-hari saja mereka sudah sangat tersiksa. Dan bagi kebanyakan penderita asam urat, mereka lebih memilih untuk meminimalisir kerja otot dan persendian untuk menghindari rasa linu dan sakit yang akan mereka dapatkan setiap kali beraktifitas. Dan tentunya, berolahraga merupakan momok tersendiri bagi mereka. Berikut adalah aturan olahraga sederhana bagi penderita asam urat.

olahraga, asam urat, berita olahraga, sarankan, sport

Olahraga Statis

Olahraga statis tidak terlalu banyak membutuhkan gerakan mobilitas sehingga ini cocok untuk penderita asam urat karena tujuannya ada untuk memperlancar aliran darah dan distribusi nutrisi ke dalam tubuh. Olahraga statis dipercaya mampu meringankan penderitaan para penderita asam urat, tanpa harus membuat menderita kesakitan atau menderita terlebih dahulu. Bahkan para pakar kesehatan juga menilai bahwa olahraga statis sangat disarankan bagi penderita asam urat karena sangat membantu mereka dalam proses recovery serta mempertahankan kesehatan metabolisme tubuh.

Olahraga Ringan

Olahraga yang tidak menguras banyak tenaga seperti jalan sehat, bersepeda ataupun senam yogya bisa menjadi alternative yang terbaik. Olahraga ini sedikit lebih berat namun di satu sisi juga tergolong masih ringan dibanding olahraga berat lainnya. manfaat olahraga ini adalah membuat badan lebih segar dan menurunkan kadar zat purin yang ada di dalam tubuh.

Olahraga Rutin

Olahraga rutin menjadi kata kunci yang sangat berperan penting bagi kesehatan karena dengan berolahraga kita dapat terus menekan kadar zat purin yang menyebabkan asam urat itu sendiri.

Apapun jenis olahraga yang anda pilih disarankan untuk tidak terlalu memaksakan diri sehingga melebihi kemampuan anda. ada baiknya anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk mendapatkan informasi yang lebih akurat.

olahraga, asam urat, berita olahraga, sarankan, sport

BACA JUGA:

Fakta Unik yang Perlu Diketahui Tentang Catur

Olahraga yang Aman dan Cocok untuk Lansia

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>