Porsi Latihan Yang Ekstrim Untuk Seorang Kiper

posisi kiper

Menjadi pemain sepakbola di posisi kiper bukanlah pekerjaan yang gampang. Padahal ketika pertandingan dimulai, yang pasti sering dilihat adalah pemain yang berposisikan striker atau penyerang. Hal tersebut bisa Anda lihat ketika seorang  Cristiano Ronaldo, Diego Maradona dan Lionel Messi berhasil menceploskan bola ke gawang lawan, sudah pasti sang pemain dielu-elukan para penggemarnya. Namun bagaimana dengan peran seorang penjaga gawang atau kiper?. Kiper adalah posisi dimana Anda harus bisa menghalau tendangan dari tim lawan agar tidak lahir gol yang tentunya merugikan tim Anda. Akan tetapi jika Anda bersikeras ingin bermain sebagai kiper berikut ini saya beri tips yang cukup ekstrim untuk dipelajari.

Saya ingin mengulang mengenai tugas seorang kiper bahwa dirinya harus bisa menghalau segala tendangan yang menjurus ke arah gawangnya. Makanya yang harus benar-benar diperhatikan adalah bagaimana caranya untuk bisa menangkis, menghalau serta menangkap bola dengan benar. Teknik menangkap bola tidak bisa sembarangan karena kita tahu kecepatan bola dari tendangan atau sundulan tidaklah sama. Ketika dalam kecepatan tinggi perlu teknik khusus agar bola tidak mental dan kembali ke striker lawan dan saat bersamaan anda tidak dalam posisi yang benar. Jelas gol pasti lahir karena sang striker bisa dengan mudah menceploskannya. Nah, untuk bisa mengantisipasi permasalahan tersebut, lahirlah sebuah latihan yang cukup ekstrim yaitu dengan menggunakan meriam.

Mendengar namanya saja sudah cukup menakutkan bukan?. Bagaimana tidak takut, meriam yang sebenarnya sering dipakai untuk menembakkan mesiu di daerah perang kini bisa diisi oleh bola-bola sepakbola. Tentunya dengan teknik dan modifikasi yang sudah masuk kategori standar. Alhasil Anda harus benar-benar sigap menangkap bola hasil tembakan dari meriam tersebut. Jika tidak maka bola akan pasti masuk kegawang yang Anda jaga. Namun itu cukup dilakukan oleh profesional semata. Orang yang masih baru latihan jangan dulu mencobanya ya. Nah, jika ingin tahu bagaimana porsi latihan untuk kiper yang sebenarnya berikut ini saya berikan tahapannya.

posisi kiper

1. Pemanasan

Pemanasan merupakan sesuatu yang sangat penting ketika anda akan mulai latihan. Tanpa adanya pemanasan niscaya akan terjadi sesuatu pada tubuh Anda. Teknik pemanasan yang benar untuk latihan kiper adalah dengan melemaskan dan memutar otot-otot bagian pinggang, lengan, pundak, kepala dan kaki.

2. Latihan Inti

Setidaknya posisikan diri anda dulu tepat di tengah gawang. Lalu latihlah kecepatan serta kecekatan tubuh kamu dalam menangkap bola mulai dari lompat ke kanan dan ke kiri gawang. Namun jangan langsung memakai bola terlebih dahulu, latihlah pikiran Anda seandainya ada bola sedang menyambar gawang lewat sisi-sisi tersebut. Latihan lompatan ini bisa dilakukan dirumah.

3. Pelemasan

Pelemasan otot, memang harus dilakukan agar otot yang telah dipakai habis-habisan bisa tenang kembali.

Yang harus anda ketahui, insting setiap striker adalah hanya satu yaitu menjebol gawang yang anda jaga. Dengan begitu latihlah insting kecekatan, kecepatan dalam menghalau bola. Dengan begitu ketika anda sudah berada didalam sebuah pertandingan, semua hal tersebut sudah bisa diatasi dengan mudah.

 posisi kiper

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>