Profil Si Tangan Besi Mike Tyson

Profil si Tangan Besi Mike Tyson

Olahraga tinju merupakan salah satu olahraga paling diminati di Negara kita Indonesia. Salah satu atlet berprestasi yang mungkin kita kenal yaitu Chris John. Sepak terjang Chris John memang sudah kita ketahui bersama. Namun disini saya tidak akan membahas profil Chris John namun atlet legendaris Tinju Dunia, Mike Tyson. Anda pastinya sudah tahu bukan sosok Mike Tyson?. Hampir masyarakat seluruh dunia mengenai sosok Tyson di kancah Tinju kelas berat. Disini saya akan mengupas lebih dalam mengenai profil Tyson dan gelar-gelar juara yang pernah disabetnya. Petinju yang bernama lengkap Michael Gerard Tyson tersebut lahir di kota New York City, America Serikat pada tanggal 30 Juni 1966. Gelar paling fenomenalnya adalah juara kelas berat.

Selama karir sebagai petinju, sosok Mike Tyson selalu didambakan oleh para fansnya yang berada di hampir seluruh dunia. Berikut perjalanan karir tinju Mike Tyson yang sempat dijuluki sebagai tangan besinya tersebut

mike tyson, petinju, berita olahraga, profil mike tyson

  • 06 Maret 1985 (Albany, New York). Pertama kalinya Tyson memenangi kejuaraan tinju. Sebuah rekorpun dicatatnya tatkala selama 15 kali bertanding, Tyson berhasil memenangkannya dengan Knockout dan rata-rata hanya berhenti di ronde pertama saja.
  • 1986. Sepanjang tahun tersebut Tyson sudah naik ring 12 kali dan prestasi kala itu menarik simpati media massa.
  • 22 November 1986. Tyson berkesempatan meraih gelar prestisiusnya di kelas berat WBC. Yang menjadi lawannya adalah Trevor Berbick. Ketika masih berumur 20 tahun, Tyson sudah meraih gelar tinju kelas berat paling muda di dunia.
  • 07 Maret 1987 (Las Vegas, Nevada). Tyson berhasil mempertahankan gelar kelas beratnya tatkala melawan petinju James Smith. Catatan bagus kembali ditorehkan di tahun yang sama ketika membungkam petinju Pinklon Thomas di ronde ke-6.
  • 01 Agustus 1986. Tyson menorehkan sejarah tidak terkalahkan ketika melawan petinju Tony Tucker untuk merebut gelar IBF.
  • 1987. Tyson menjungkalkan petinju Tyrell Biggs yang sebelumnya telah berhasil merengkuh gelar juara Olimpiade. Tyson menang di ronde ke-7.
  • 1988. Larry Holmes menjadi lawan tanding Tyson sebanyak 3 kali dalam setahun. Alhasil, Tyson masih menjadi yang terbaik. Lawan selanjutnya adalah Tony Tubbs dan Michael Spinks. Kedua petinju tersebut sebenarnya diramalkan akan menjadi lawan berat Tyson. Namun hasilnya berbeda. Tubbs dijungkalkan di ronde ke-2 dan Spinks dijungkalkan di ronde ke-1.
  • 1989. Tyson masih yang terbaik di tahun tersebut tatkala bertanding melawan 2 petinju Frank Bruno dan Carl Williams. Keduanya pun langsung roboh. Bruno roboh di ronde ke-5 dan Williams roboh di ronde ke-1.
  • 1995. Tahun tersebut menjadi sebuah pelajaran bagi Tyson karena sebelumnya sempat tersangkut permasalahan dengan hukum. Tahun 1995 Tyson bebas dari penjara dan dirinya mengumumkan akan berganti agama. Agama yang akan dianut Tyson adalah Islam.
  • 09 November 1996. Tahun 1996 merupakan tahun paling tidak terlupakan bagi Tyson selama karir bertinjunya. Melawan petinju sekelas Evander Holyfield, Tyson harus menyerah TKO setelah bertarung selama lebih dari 11 ronde lamanya. Dengan hasil tersebut Holyfield ditasbihkan sebagai peraih gelar dunia sebanyak 3 kali.

Karir seorang olahragawan pastinya terkadang naik dan terkadang turun. Semuanya tergantung bagaimana kita menyikapinya. Semoga artikel tentang profil Mike Tyson ini menjadi inspirasi Anda dalam melakukan hal apapun.

 mike tyson, petinju, berita olahraga, profil mike tyson

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>