Profile: Mike Tyson

Profile-Mike-Tyson-1

The Baddest Man on Earth

Pria yang kini memiliki nama asli Malik Abdul Aziz ini lahir di New York, Amerika Serikat pada tanggal 30 Juni 1966. Michael Gerard Tyson ini adalah petinju professional yang namanya sudah dikenal banyak orang dan dia merupakan mantan juara kelas berat tinju. Karir tinju Mike Tyson yang gemilang tersebut sering kali terhambat dengan berbagai macam kasus kriminal. Julukan dari Mike Tyson dalam dunia Internasional adalah disebut sebagai “Iron Mike” yang berarti memiliki badan yang kuat bagaikan badan besi.

Namun, beberapa dari media masa lainnya lebih suka dalam menjulukinya dengan julukan “The Baddest Man on Earth” yang berarti dan merujuk kepada perilakunya yang terbilang buruk dan baik di dalam dan juga di luar dari ring tinju. Sedangkan pada media masa di Indonesia lebih suka menyebutnya sebagai “Si Leher Beton” yang merujuk kepada lingkaran dari leher Mike Tyson yang terbilang besar dari ukuran normal orang-orang dan juga tampak begitu kokok dan kuat.

Kebrutalannya Sebagai Anak Nakal

Mike Tyson lahir di New York City tepatnya di kawasan Bronx. Tyson ini merupakan seorang petinju di dunia yang paling kuat dan juga sangat ditakuti dikarenakan kebrutalannya. Ia telah berulang kali masuk ke penjara anak-anak semasa kecilnya dan juga pernah dikeluarkan dari sekolahnya. Setelah masuk ke sekolah anak nakal, lalu Tyson kemudian ditarik keluar oleh pelatih tinju terkenal yaitu Cus D’Amato yang telah melihat sebuah potensi yang kuat dan juga bakat yang terdapat di dalam diri Michael Gerard Tyson ini.

Awal Karir Mike Tyson

Profile-Mike-Tyson-2

Karir tinju Mike Tyson kemudian dimulai pada level tinju amatir dan kalah angka di dalam kualifikasi pertandingan tinju amatir dalam menuju Olimpiade yang digelar oleh Henry Tilman. Lalu Tyson kemudian bertanding secara professional untuk pertama kalinya di tanggal 6 Maret tahun 1985 di Albany New York. Tyson berhasil memenangkan pertandingan di ronde pertama. Lalu kemudian Tyson kembali melakukan pertandingan tinjunya sebanyak 15 kali pada tahun 1985 dan berhasil memenangkan dari semua pertandingannya dengan KO dan Tyson menang semuanya pada ronde pertama.

Kemudian Tyson bertanding kembali sebanyak 12 kali pada tahun 1986 dan kemudian melejit menjadi peringkat dari para petinju dan juga dapat menarik perhatian dari media masa. Lalu pada tanggal 22 November di tahun 1986, Tyson mendapatkan kesempatan pertamannya dalam meraih gelar dengan melawan Trevor Berbick dalam kelas berat WBC. Lalu setelah dua ronde kemudian di usianya 20 tahun, Tyson mampu menjadi juara kelas berat yang termuda di dunia.

Selain karir tinju Mike Tyson yang mendapatkan sorotan, berbagai macam tragedi dan kasus yang dilakukan oleh Tyson pun menjadi sebuah bincangan oleh masyarakat pada saat itu, salah satu yang paling banyak diingat orang adalah ketika ia menggigit kuping Evander Holyfield dalam pertandingan tinju. Bahkan ketika ada pemain sepakbola melakukan hal serupa langsungkan dikaitkan dengan dirinya, oleh banyak media disebutkan bahwa Suarez terinspirasi Mike Tyson ketika menggigit kuping pemain lawan.

Aksi Mike Tyson yang menghebohkan lainnya adalah pada saat dirinya mengumumkan diri pada tahun 1995  setelah dipenjara di Indiana, yang menyatakan bahwa dirinya memeluk agama Islam dengan nama muslimnya Malik Abdul Aziz.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>