Resep Olahraga Bagi Si Jantung Lemah

jalan sehat 2

Kita semua tahu bahwa olahraga sangat penting karena olahraga memberikan banyak manfaat yang membuat badan kita sehat. Maka dari itu idealnya semua orang bahkan orang yang paling malas sekalipun perlu untuk berolahraga supaya tetap bugar dan sehat. Akan tetapi sayangnya banyak dari kita yang kurang paham bagaimana cara berolahraga yang baik dan benar.

Perlu kita pahami bersama bahwa berolahraga yang baik dan benar sangat penting untuk dilakukan, supaya kita mendapat manfaat maksimal dari latihan tersebut. Selain itu, olahraga dengan porsi dan prosedur yang tepat juga bermanfaat untuk kesehatan kita, serta juga menghindarkan kita dari cedera yang bisa terjadi saat kita berolahraga.

Bagi orang yang selama ini jarang sekali berolahraga disarankan untuk tidak memforsir segala kekuatan yang dimiliki untuk berolahraga. Pernah kita dengar ada kasus dimana seseorang meninggal sesaat setelah berolahraga. Bahkan ada juga kasus dimana seorang atlet collapse dan meninggal saat sedang berolahraga. Sebenarnya, bukan olahraganya yang membunuh mereka, namun lebih karena kondisi kesehatan tubuhnya yang sedang tidak stabil.

Sedikit dari kita yang tahu bahwa kebanyakan korban pada kasus diatas adalah sebenarnya termasuk orang-orang yang menderita atau berpotensi memiliki penyakit jantung. Seperti kita tahu, seorang penderita jantung tidak akan terlihat dari fisik luarnya, namun sebenarnya mereka sangat rentan akan terjadinya serangan yang dapat berakibat kematian. Jangankan berolahraga, duduk nonton tivi pun bisa saja diserang sakit jantung tiba-tiba dan berujung kematian.

 jalan sehat, olahraga jantung, kesehatan, tips olahraga

Lebih sialnya lagi, banyak dari kita tidak menyadari bahwa mereka sebenarnya memiliki penyakit jantung. Kematian akibat olahraga bisa saja terjadi karena jantung yang dimiliki orang tersebut sudah tidak kuat lagi untuk melakukan pekerjaan berat. Seperti kita ketahui bersama bahwa saat kita berolahraga, jantung akan terpacu untuk terus memompa darah dengan cepat dan kuat. Oleh karenanya, sangat dihimbau bagi siapa saja yang menderita sakit jantung atau yang berpotensi sakit jantung untuk berolahraga bertahap, mulai dari yang ringan hingga olahraga yang berat.

Apabila Anda tidak pernah berolahraga maka ada baiknya anda memulainya dengan jalan pagi atau jalan sore terlebih dahulu. Jogging tidak disarankan sebagai langkah awal karena mungkin terlalu berat bagi orang yang tidak pernah berolahraga. Cukup berjalan kaki secara bertahap mulai dari 200 meter di hari pertama dan lakukan ini selama seminggu atau dua minggu lalu lanjutkan dengan jarak 300 meter selama beberapa minggu.

Porsi jarak bisa dinaikkan apabila tubuh kita bisa beradaptasi dan kemudian bisa memasuki sesi jogging dengan metode bertahap yang sama. Memang ini butuh waktu yang lama tetapi anda bisa mendapatkan manfaat secara sehat dan aman. Sebelum berolahraga jangan lupa untuk melakukan pemanasan dengan benar dan secukupnya sampai badan kita bisa beradaptasi.

 jalan sehat, olahraga jantung, kesehatan, tips olahraga

BACA JUGA:

Tips Dan Trik Dalam Olahraga Supaya Badan Lebih Bugar

Fakta Unik Yang Belum Anda Ketahui Tentang Olahraga Bulu Tangkis

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>