Richard Sam Bera, Perenang Terbaik Indonesia

sambera-1

Jika ada pertanyaan mengenai siapakah perenang Indonesia terbaik sepanjang masa, mungkin akan sulit dijawab oleh kebanyakan orang awam. Hal ini tidak lepas dari mentoknya prestasi  atlet renang Indonesia. Sejak keikutsertaan Indonesia di ajang Olimpiade Helsinki 1952, belum pernah ada perenang Indonesia yang bisa melalui babak pertama. Habib Sukaryo adalah perenang Indonesia pertama yang ikut dalam Olimpiade dan gagal di babak pertama nomor 200 meter gaya dada. Untuk generasi selanjutnya, Indonesia setidaknya  punya Richard Sam Bera. Richard setidaknya telah ikut dalam 3 Olimpiade yaitu di tahun 1988, 1996 dan 2000. Namun sayangnya belum pernah bisa lolos ke dalam peringkat 16 besar. Dan untuk saat ini, I Gede Siman Sudartawa adalah perenang yang diharapkan bisa benar-benar lolos dari kutukan 60 tahun cabang olahraga renang Indonesia gagal di Olimpiade.

Daftar Panjang Prestasi Richard Sam Bera

Meskipun untuk Olimpiade belum ada catatan manis yang berhasil ditorehkan oleh perenang Indonesia, setidaknya Richard Sam Bera layak untuk disebut sebagai Perenang Indonesia Terbaik sepanjang masa. Keikutsertaannya dalam 3 olimpiade bisa menjadi tolok ukur kemampuan Richard Sam Bera. Lahir di Jakarta pada 19 Desember 1971, Richard Sam Bera adalah perenang yang sebenarnya memiliki pengalaman yang panjang. Di tingkat Asia, setidaknya Richard Sam Bera memegang medali perunggu untuk Asian Games Beijing 1990 untuk nomor 100 meter. Untuk kawasan ASEAN, Richard Sam Bera sudah sering berlanggangan medali emas. Untuk nomor 100 meter, Richard Sam Bera mendapat emas pada Sea Games tahun 1989, 1991,1995,1997,1999,2001 dan 2005. Sementara untuk nomor 50 meter, Richard Sam Bera mendapat medali emas di Sea Games tahun 1995,1997,199, dan 2001. Selain medali emas, Richard Sam Bera juga memegang rekor Sea Games untuk renang nomor 100 meter.  Diluar Asian Games dan Sea Games, Richard Sam Bera adalah pemegang medali perak  pada World Swimming Championship nomor 50 meter yang diadakan di Hongkong tahun 2000. Dari sekian banyak prestasi ini setidaknya sudah bisa dilihat bahwa Richard Sam Bera pantas untuk dinobatkan sebagai perenang terbaik di Indonesia.

sambera-2

Richard Sam Bera, Sekolah dan Berprestasi di Amerika

Sebagai atlet renang, Richard Sam Bera termasuk atlet dengan latar belakang pendidikan yang baik. Richard Sam Bera menyelesaikan kuliah dan meraih gelar sarjana di bidang ilmu politik dan juga ekonomi dari Arizona State University, Amerika Serikat. Selama belajar di Amerika Serikat, Richard Sam Bera juga mengikuti aneka kompetisi renang di sana. Hasilnya cukup mengejutkan. Richard Sam Bera berhasil mendapatkan penghargaan All American Divisi I NCAA untuk 4 kali setelah menjadi anggota tim renang Arizona State University.  Dengan kemampuannya, Richard Sam Bera bahkan sempat menjadi asisten pelatih renang tim putra Arizona State University.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>