Sejarah Renang dan Perkembangannya

Sejarah Renang dan Perkembangannya2

Olahraga renang memiliki sejarah yang panjang sekali karena renang sudah dilakukan oleh manusia berabad-abad yang lalu bahkan sejak masa pra-sejarah. Hal ini diketahui dari lukisan atau lebih tepatnya disebut gambar-gambar kuno dari masa pra sejarah yang ditemukan di daerah Wadi Sora sebelah barat daya Mesir.

Sejarah tentang manusia yang berenang di air tercatat dalam banyak buku seperti dalam buku Injil. Ini bisa ditemukan dalam beberapa pasal-pasal dan ayat dalam injil yang mengatakan manusia berenang kala itu. Selain itu sejarah renang juga tercatat dalam berbagai hikayat seperti hikayat Beowulf, Iliad, Gilgamesh dan Odyssey.

Renang modern pertama kali tercatat dan dibukukan pada tahun 1538 oleh seorang professor asal Jerman Nicolas Wymann. Sejarah juga mencatat bahwa kompetisi renang dimulai pada tahun 1800an di Eropa dan kala itu hampir semua perenang menggunakan teknik renang gaya dada.

Teknik renang gaya bebas baru ditemukan beberapa puluh tahun setelahnya oleh Arther Trudgen.

renang, sejarah, perkembangan, olahraga, berenang

Trudgen terinspirasi oleh gaya renang yang dilakukan oleh masyarakat asli benua Amerika yaitu bangsa Indian yang waktu itu melakukan renang dengan gaya bebas. Gaya renang ini kemudian ditiru oleh Arthur Trudgen kemudian turut mempopulerkannya pada tahun 1873 oleh karena itu selanjutnya gaya renang bebas juga disebut gaya renang trudgen. Namun beberapa tahun kemudian gaya renang bebas ini disempurnakan lagi oleh Richard Cavil pada tahun 1902. Richard Cavil saat itu menambahkan kombinasi gerakan tendangan kaki untuk menambah laju badan saat berenang di air.

Sama dengan Trudgen Richard Cavil saat itu juga terinspirasi dari gaya renang bangsa Indian Amerika lalu mengembangkan gaya renang ini saat di kepulauan Solomon. Hanya saja Richard Cavil melakukan dengan teknik tendangan yang berbeda. Bisa jadi teknik ini ditemukan secara tak sengaja oleh Richard Cavil lalu ia mengembangkannya.

Richard Cavil saat itu sedang berenang bersama Arthur atau dijuluki Tums salah satu dari enam anaknya. Cavil melihat Alick Wickham yang adalah orang kepulauan Solomon sedang berenang dengan gerakan kaki yang mengibas dan melecut.

Cavil lalu mengadopsi teknik renang tersebut dan menggunakannya untuk berkompetisi. Berkat teknik renang itu Richard Cavil berhasil menjuarai kompetisi renang international pada tahun 1902 dengan catatan waktu 58,8 detik untuk renang sejauh 100 yard.

Pada tahun 1908 terbentuklah federasi renang yang pertama tingkat dunia yaitu Federation Internationale de Natation de Amateur atau Federasi Renang Amatir Internasional. Saat itu memang teknik renang gaya kupu-kupu masih dipahami sebagai bagian dan variasi dari teknik renang gaya dada namun sejak tahun 1952 kemudian teknik renang gaya kupu-kupu berdiri sendiri terpisah dari kategori renang gaya dada.

 renang, sejarah, perkembangan, olahraga, berenang

BACA JUGA:

10 Hal Penting Sebelum Berenang Bagi Ibu Hamil

Cabang Olahraga Yang Sudah Ditarik dari Ajang Olimpiade

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>