Tips Agar Tidak Mengalami Cedera Ketika Berolahraga

Tips Agar Tidak Mengalami Cedera Ketika Berolahraga3

Setiap orang memang harus bisa melakukan aktivitas olahraga di sela-sela kesibukannya. Hal tersebut dilakukan untuk bisa menjaga kesehatan badannya. Dalam melakukan aktivitas olahraga Anda harus melaksanakannya secara rutin setiap hari. Hal tersebut dikarenakan bisa membakar lemak yang ditimbun khususnya bagi Anda yang sedang ingin menurunkan berat badan. Akan tetapi jenis olahraga yang dilakukan tidaklah sembarangan. Jika dilakukan tidak sesuai dengan petunjuk, akibat yang dirasakan adalah timbulnya cedera yang bisa berpengaruh terhadap kesehatan tubuh. Disini saya akan membagikan beberapa tips mengenai panduan untuk melakukan aktivitas olahraga yang tidak menimbulkan cedera.

1. Hindari sindrom di akhir pekan

Seperti yang kita ketahui, alasan mengapa kita tidak bisa melakukan aktivitas olahraga ialah karena kesibukan yang luar biasa. Lalu solusi yang paling efektif ialah dengan melakukan aktivitas olahraga setiap akhir pekan. Terkadang seseorang ingin agar kadar kalorinya bisa cepat rendah sehingga aktivitas olahraganya lebih dari biasanya. Nah, ketika sudah berlebihan akibat yang dirasakan adalah cedera. Sebaiknya Anda melakukannya setiap hari namun dalam intensitas sedang dan tentunya resiko cedera bisa dihindari seminimal mungkin.

2. Atur Program hingga Progresif

Laksanakan program yang sesuai dengan kemampuan Anda dan juga memeriksa tingkat kebugarannya. Lakukan hal tersebut secara bertahap hingga intensitasnya meningkat dan juga tingkatkan durasi programnya. Saran saya tingkatkan durasinya jangan lebih dari 10-15 % setiap minggunya.

tips olahraga, cedera, alami cedera, berita olahraga

3. Lakukan Istirahat yang cukup

Setiap Anda melakukan aktivitas olahraga, sebaiknya dinginkan tubuh dengan cara beristirahat. Ingat, setiap Anda melakukan aktivitas olahraga otot-otot akan otomatis mengencang dan kondisi tersebut diyakini akan rentan cedera.

4. Lakukan pemanasan

Pemanasan memang sangat penting dilakukan agar stamina sebelum berolahraga bisa terjaga dengan baik. Lakukan aktivitas tersebut setidaknya 5 hingga 10 menit sebelum berolahraga. Dengan cara tersebut Anda akan merasakan aliran darah mengalir lebih lancar dan Anda akan bisa bernafas lebih cepat dari biasanya tatkala otot-otot terlihat lebih meningkat temperaturnya.

5. Kebutuhan Cairan harus tercukupi

Cairan yang dimaksud adalah air. Dengan mengonsumsi air, Anda tidak akan mengalami dehidrasi. Dehidrasi akan cepat muncul ketika Anda melakukan aktivitas olahraga di luar ruangan.

6. Menghindari porsi olahraga berlebih

Alasan mengapa melakukan cara tersebut ialah karena ada target tertentu untuk bisa menurunkan berat badan. Namun cara tersebut biasanya berakibat fatal. Saran saya sebaiknya Anda melakukan aktivitas olahraga semampunya saja dan jangan sampai melampaui batas. Jika mengalami kelelahan yang luar biasa maka sebaiknya langsung lakukan istirahat yang cukup.

7. Memakai jenis pakaian yang bisa membuat nyaman

Jika ingin memakai pakaian tersebut sebaiknya Anda memilih jenis pakaian yang longgar dan bisa menyerap keringat. Khusus perempuan, pakailah bra yang mendukung untuk beraktivitas olahraga anda.

Tentu Anda tidak akan mau jika ketika berolahraga mengalami cedera serius. Oleh karena itu, tetap sigap menjaga kondisi tubuh dan lakukan tips-tips diatas secara rutin setiap harinya. Semoga artikel tentang tips untuk kurangi cedera ketika berolahraga ini bermanfaat bagi Anda. Selamat mencoba.

 tips olahraga, cedera, alami cedera, berita olahraga

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>