Tips Berolahraga Yang Tepat Untuk Mengurangi Berat Badan

berat badan

Mendapatkan tubuh ideal adalah dambaan setiap orang. Banyak yang rela melakukan apa saja agar bisa mendapatkan tubuh langsung dan proporsional dengan cepat, termasuk jika hal tersebut menghabiskan biaya yang tidak sedikit dan juga membuat mereka menderita. Betapapun mahalnya sebuah produk atau prosedur operasi, tidak ada yang seaman mengurangi berat badan dengan olahraga. Ya, menurut beberapa ahli, berolahraga secara teratur tidak hanya efektif mengurangi berat badan, namun juga mampu melatih otot dan berbagai organ vital dalam tubuh, sehingga Anda akan hidup lebih lama. Berikut adalat tips dan cara berolahraga yang tepat untuk mengurangi berat badan secara efektif.

1. Olahraga Harian

Olahraga atau aktivitas apapun yang membuat Anda aktif dapat membantu mengurangi berat badan anda. Ya, olahraga untuk mengurangi berat badan tidak hanya bisa dilakukan di gym atau fitness centre. Beberapa aktivitas sehari-hari seperti menggendong bayi, membawa cucian ke loteng, atau bahkan mengepel lantai, ternyata sangat efektif dalam membakar lemak. Untuk itu, mulai saat ini usahakan untuk melakukan sesuatu secara manual, seperti memilih naik-turun tangga daripada lift, mencuci baju manual daripada memakai mesin, bahkan hal sepele seperti mengganti channel TV manual bukannya menggunakan remote ternyata banyak menyerap kalori.

2. Kardio

Kardio adalah olahraga terbaik. Olahraga kardio adalah olahraga yang melibatkan seluruh anggota tubuh dalam prosesnya, seperti jogging, bermain tennis, basket, bulutangkis, renang, dan banyak lagi. Jalan kaki juga merupakan aktivitas kardio yang sangat disarankan. Jika letak rumah Anda berdekatan dengan tempat kerja, pertimbangkan untuk berjalan kaki. Selain menghemat ongkos perjalanan, dengan berjalan kaki Anda juga melatih jantung lebih baik.

 berat badan, olahraga, berita olahraga, olahraga harian

3. Latihan Beban

Latihan beban, jika dilakukan dengan benar dan proporsional dapat melatih otot dan mengurangi lemak di daerah tertentu. Salah satu hal penting tentang latihan beban adalah sebaiknya Anda melakukan latihan ini secara bertahap namun teratur. Bagi pemula, mulailah dengan beban terkecil, dan diteruskan dengan menambah berat beban secara berkala. Idealnya, dalam sehari latihan beban dilakukan 3×10-15 menit dengan istirahat 5 menit disetiap sesinya. Jangan memforsir tenaga Anda dengan latihan berjam-jam, mengharapkan hasil yang cepat terlihat, karena itu adalah hal yang percuma.

4. Jadwal Olahraga

Buatlah jadwal olahraga Anda jangan patuhi. Salah satu tantangan terberat dalam menurunkan berat badan adalah olahraga teratur dan terus menerus. Untuk mencegah lupa atau rasa malas, buatlah jadwal latihan Anda dan taruhlah di tempat-tempat yang mudah terlihat. Jika memungkinkan, bertahukan juga keluarga dirumah atau teman mengenai jadwal latihan anda, sehingga mereka bisa mengingatkan jika Anda lupa atau lalai.

5. Bantuan Trainer

Minta panduan trainer berpengalaman. Jika Anda berpikir bahwa semua jenis olahraga adalah sama, Anda salah besar. Beberapa posisi latihan menitikberatkan pada pembakaran lemak di area tertentu. Seorang trainer akan membuatkan Anda training plan dimana setiap harinya setiap bagian tubuh Anda akan dilatih. Dengan begitu, maka latihan Anda akan benar-benar terkontrol sehingga pembakaran lemak lebih merata.

 berat badan, olahraga, berita olahraga, olahraga harian

BACA JUGA:

Profil Atlet: Garry Kasparov

Pemain Basket Ini Terinspirasi Oleh Lionel Messi Dalam Memilih Nomor di Tim Barunya

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>