Tips Bersepeda pada Track Panjang

4.Tips Bersepeda pada Track Panjang.1

Bersepeda adalah salah satu olahraga yang digemari. Jika Anda orang yang menyukai bersepeda di track yang panjang, Anda pasti familiar dengan rasa lelah terutama pada bagian kaki, punggung dan pinggang. Rasa lelah yang Anda rasakan wajar jika Anda telah menempuh jarak lebih dari 40 km. Tetapi jika Anda sudah merasa lelah pada 5 menit pertama, maka ada kemungkinan Anda melakukan suatu kesalahan ketika akan bersepeda.

Banyak pemula yang terkadang melakukan kesalahan kecil seperti setting sepeda (baik ketinggian sadel, ukuran rangka sepeda dan lain sebagainya) yang kurang cocok dengan postur tubuh. Kesalahan lain yang sering dilakukan adalah pembagian energi yang kurang efisien sehingga menyebabkan rasa nyeri otot ketika sedang bersepeda. Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan untuk menghindari rasa capek pada awal latihan.

Hal pertama yang harus Anda perhatikan jika Anda akanbersepeda di track panjang, adalah pandangan Anda. Pandangan Anda harus mengarah ke lintasan dan pastikan tulang leher tidak kaku. Hal lain yang harus Anda perhatikan adalah tangan. Tekuk tangan Anda pada siku pada saat Anda mengayuh dengan kecepatan rata-rata.Agar bahu dan punggung Anda tidak terlalu terbebani, maka Anda bisa bertumpu pada pengikat rem. Pusatkan tenaga Anda pada kaki. Sementara itu, pastikan telapa tangan tetap berpegangan pada handle bar sepeda atau sekaligus dengan rem. Biarkan genggaman tangan Anda santai tapi tetap mantap.

Ketika Anda bersepeda di track panjang, maka posisi punggung Anda menyesuaikan dengan kondisi medan, apakah tanjakan atau turunan, dan kecepatan ketika Anda mengendarai sepeda. Ketika Anda sedang memacu sepeda, maka biasanya posisi punggung dibungkukkan. Sementara ketika Anda sedang berada pada turunan, maka biasanya punggung ditegakkan.Hal ini dilakukan untuk menjaga kecepatan.

Hal lain yang harus Anda perhatikan adalah kaki. Tekuk kaki Anda sedikit pada bagian lutut ketika salah satu pedal sepeda berada dalam keadaan di bawah. Pastikan juga sadel Anda berada pada posisi yang tepat. Jika sadel dipasang pada posisi terlalu tinggi, maka otot pinggul Anda akan terasa sedikit tegang, sebaliknya jika sadel dipasang terlalu rendah, maka bagian tumit Anda yang akan terasa nyeri.Ketika mengayuh, gunakan bagian pangkal jari kaki.

Salah satu hal yang harus Anda ingat ketika mengayuh sepeda adalah gerakan mengayuh tidaklah sekedar menekan pedal sepeda tetapi juga gerakan untuk menarik pedal. Dengan begitu akan membantu Anda untuk mengayuh dengan lebih stabil dan membuat pengeluaran energi menjadi lebih efisien. Selain itu, teknik menekan dan menarik akan membuat Anda terhindar dari varises. Karena itulah jika Anda ingin bersepeda pada track yang panjang, maka pastikan bahwa setting sepeda Anda sudah sesuai dengan postur tubuh Anda. Dengan begitu Anda bisa mendapatkan manfaat yang maksimal.

4.Tips Bersepeda pada Track Panjang.3

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>