Tips Dan Trik Bermain Futsal

Tips dan Trik Bermain Futsal

Belakangan ini permainan futsal sangat populer dikalangan masyarakat Indonesia, terutama dikalangan pemuda futsal begitu familiar. Futsal merupakan permainan bola dalam ruangan yang dimainkan oleh dua regu, masing-masing regu beranggotakan lima orang. Tujuan dari permainan futsal ini adalah sama dengan permainan sepakbola yang mana memasukkan bola ke gawang lawan akan tetapi ukuran lapangan futsal ini lebih kecil dari ukuran lapangan sepakbola dan lapangan futsal ini berada di dalam ruangan. Permainan futsal juga merupakan permainan olahraga yang simple dan ada di dalam ruangan yang tertutup. Bagi daerah perkotaan futsal ini menjadi alternatif untuk berolahraga yang mana tidak adanya lahan yang luas untuk bisa bermain sepakbola.

Sebelum mengenal lebih jauh tentang tips dan trik bermain futsal dengan baik alangkah baiknya kalau kita tahu dulu sejarah singkat tentang futsal ini. Futsal diciptakan di Montevideo, Uruguay pada tahun 1930, pencetusnya Carlos Ceriani. Pertandingan Internasional futsal pertama diadakan pada tahun 1965, pada saat itu Paraguay yang menjurai kejuaraan tersebut yang mana kejuaraan tersebut dikenal dengan kejuaraan Piala Amerika Selatan. Turnamen tersebut terus diadakan setiap tahun yang juaranya di sapu bersih oleh Brasil hingga tahun 1979. terus menjadi perhatian Futsal semakin populer di kalangan masyarakat dunia, sehingga pada tahun 1982 diadakan kejuaraan dunia futsal pertama yang digelar di Sao Paulo, Brasil. Pada waktu itu Brasil menjadi juaranya.

 futsal

Nah…! itulah sedikit ulasan sejarah singkat tentang futsal yang begitu populer di kalangan masyarakat Indonesia sekarang  ini. Untuk bisa memainkan futsal degan baik, yuk kita baca lebih lanjut lagi agar bisa bermain futsal dengan baik dan membuat tubuh ini menjadi fit kala rutinitas yang padat. Dalam olahraga apapun itu perlu yang namanya pemanasan, begitu juga dengan bermain futsal yang membutuhkan pemanasan. Tujuaanya tidak lain adalah agar otot-otot yang kaku siap untuk berlari dan menendang  bola. Dalam melakukan pemanasan tidak perlu lama-lama, cukup 5-7 menit karena kalau melakukan pemanasan terlalu lama bisa capek duluan sebelum bermain futsal.

Dalam melakukan tendangan bola futsal, manfaatkan sol pada sepatu untuk menendang dengan kaki bagian dalam luar dan juga telapak kaki sebelah depan. Untuk mengusai kontrol bola yang baik, berlatih dan fokus itulah kunci utama untuk bisa menjadi mahir dalam permainan futsal. Dalam mengoper bola, agar mendapat hasil yang maksimal gunakan kaki bagian dalam dengan arah mendatar, hal ini juga bisa dilakukan dalam melakukan umpan-umpan panjang. Dalam permainan futsal agar mendapat  hasil yang maksimal gunakan tempo cepat  dalam melakukan umpan-umpan bola, setelah bola di umpan sesegera mungkin cari posisi yang pas untuk bisa menerima umpan kembali.

 futsal

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>