Tips Dan Trik Dalam Olahraga Supaya Badan Lebih Bugar

tips olahraga

Olahraga tentunya sangat penting untuk membuat tubuh lebih bugar dan sehat. Dari tubuh yang sehat tentunya akan terbentuk pikiran yang sehat pula. Namun perlu kita ketahui bahwa olahraga juga memiliki aturannya sendiri dan penting bagi kita untuk mengetahui aturan-aturan dasar dalam berolahraga. Ini penting agar kita mendapat hasil yang maksimal dan juga untuk menghindari cedera yang mungkin terjadi. Tidak sedikit dari kita yang berolahraga tetapi bukan mendapat tubuh yang sehat melainkan malah mengalami cedera.

Hal pertama yang perlu kita perhatikan adalah waktu untuk berolahraga. Waktu yang pas untuk berolahraga adalah pada sore hari dan ini bisa dilakukan kurang lebih selama 30 menit. Memang anda bisa juga berolahraga pada pagi hari dengan udara pagi yang relatif bersih dan segar akan tetapi ini agak sulit terutama apabila anda orang yang sibuk.

Selain itu pemilihan tempat juga penting sehingga anda disarankan memilih tempat olahraga yang terbuka dan bebas polusi. Ini penting sebab dalam berolahraga, tubuh akan membutuhkan asupan oksigen yang banyak dan juga harus bersih. Dan dengan memilih tempat yang penuh polusi, maka oksigen yang terserap oleh tubuh tidak akan sempurna dan justru dapat mengakibatkan berbagai gangguan kesehatan. Jadi, apabila Anda berencana untuk jogging atau olahraga lari kecil, sebaiknya hindari melewati track yang ramai kendaraan. Pilihlah jalan yang minim kendaraan, seperti pematang sawah, pinggiran sungai, atau jika Anda, manfaatkanlah jogging track yang disediakan oleh perumahan atau daerah Anda.

 tips olahraga, berita olahraga, olahraga ringan, kesehatan

Selalu pastikan diri Anda untuk melakukan pemanasan sebelum mulai berolahraga. Pemanasan ini wajib dilakukan untuk menyesuaikan tubuh kita dengan aktivitas berat yang akan kita lakukan. Ini penting bagi penderita lemah jantung karena jantung akan menjalankan tugas yang berat saat berolahraga maka pemanasan diperlukan supaya jantung juga secara bertahap bisa beradaptasi dengan tugas berat saat Anda berolahraga. Pemanasan tidak perlu terlalu berat. Jangan sampai kita ngos-ngosan duluan sebelum sempat melakukan olahraga yang sebenarnya. Pemanasan cukup bisa Anda lakukan dengan stretching atau pelenturan otot, untuk mencegah kram.

Pemanasan juga diperlukan untuk melemaskan otot dan tulang Anda. Pada pagi hari setelah bangun tidur badan Anda belum bisa menyesuaikan dengan gerakan olahraga. Demikian pula pada sore hari badan anda mungkin mengalami kaku-kaku. Maka dari itu pemanasan penting agar otot, tulang dan organ dalam kita dapat beradaptasi secara bertahap. Lakukanlah olahraga secara bertahap dari mulai olahraga yang ringan sampai keras. Ambil juga sesi relaksasi supaya badan dapat menyesuaikan dengan kondisi relax setelah berolahraga.

Jangan lupa untuk mempersiapkan semua perlengkapan dan peralatan olahraga Anda. Pakailah juga alat standard keamanan yang memadai dan ikuti aturan berolahraga supaya kita dapat berolahraga dengan nyaman dan menghindari cedera.

 tips olahraga, berita olahraga, olahraga ringan, kesehatan

BACA JUGA:

 Kecilkan Perut Anda Dengan Latihan Berikut

Melatih Otot Dengan Olahraga Cardio

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>