Tips Olahraga Malam

5. Tips Olahraga Malam 1

Jika mendengar kata olahraga malam, Anda jangan langsung berpikir olahraga yang hot, yang dimaksud disini adalah olahraga yang sebenar-benarnya. Saat ini ada banyak sekali orang yang menyukai olah raga malam, entah hanya untuk bersenang-senang, untuk PDKT dengan pacar, atau untuk serius. Ada banyak orang yang mengatakan olahraga malam membahayakan jantung. Hal ini tidak 100% benar atau 100% salah karena ada tips olahraga malam yang bisa Anda praktekan untuk menjaga dari resiko yang tidak diinginkan.

Tips yang pertama untuk Anda adalah jangan berolahraga terlalu malam.  Walau memang namanya olahraga malam sebaiknya tidak dilakukan setelah pukul 20.00 malam karena setelah jam tersebut, temperatur tubuh dan hormon tubuh akan menurun. Sebaiknya olahraga malam dimulai jam 18.00 tepat pada temperatur tubuh dan hormon yang memuncak sehingga daya tahan tubuh akan naik dan meningkatkan kesehatan tubuh. Dan olahraga harus sudah selesai menjelang pukul 20.00 malam agar hasil olahraga Anda tidak sia-sia.

Tips olahraga malam yang kedua adalah Anda harus melakukan olahraga dengan sebelumnya minum cukup air. Walaupun olahraga dilakukan pada malam hari, tetap saja tubuh Anda membutuhkan cairan untuk metabolisme dan cairan yang Anda keluarkan harus diimbangi dengan minum air yang cukup. Oleh sebab itu disarankan Anda untuk meminum segelas air sebelum memulai olahraga dan minum setiap 30 menit sekali pada saat melakukan olahraga.  Pada akhir kegiatan, juga sebaiknya minum air lagi untuk menjaga agar tidak dehidrasi.

 

Sangat berbahaya jika Anda sampai dehidrasi karena akan mempengaruhi organ-organ tubuh yang lain dan juga mempengaruhi proses metabolisme. Walaupun Anda hanya akan sedikit berkeringat karena suhu yang cenderung dingin, tetap saja Anda membutuhkan air minum.

Tips selanjutnya adalah makan setelah berolahraga malam. Jika sebagian orang percaya bahwa makan malam yang berat akan membawa dampak buruk seperti kegemukan dan kolesterol, maka Anda tidak perlu takut akan hal itu jika Anda mau berolahraga dulu sebelum makan malam. Alasanya adalah setelah melakukan olahraga malam seperti lari, bersepeda, nge-gym, sepakbola, tenis dan lain sebagainya, tubuh Anda membutuhkan asupan zat gizi yang berupa karbohidrat dan protein. Zat gizi tersebut diperlukan untuk mengganti zat gizi yang dipergunakan untuk berolahraga.

Oleh sebab itu, sangat disarankan Anda makan malam 15 menit setelah melakukan olahraga malam, jika tidak maka tubuh Anda akan mengalami kekurangan zat gizi yang bisa berakibat fatal pada daya tahan tubuh Anda. Oleh sebab itu tips olahraga malam yang terakhir adalah mengetahui kondisi badan Anda yang sebenar-benarnya sehingga pada saat Anda melakukan olahraga maka yang Anda dapatkan adalah kesehatan bukannya malah menjadi masuk angin dan meriang. Karenanya, jika Anda sedang merasa tidak fit, jangan dipaksakan untuk berolahraga malam karena justru akan merugikan Anda sendiri dan resiko terbesarnya adalah masalah di jantung Anda.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>