Tips Olahraga Sederhana Bagi Ibu Hamil

olahraga ibu hamil

Olahraga sangat penting bagi kesehatan kita semua, tidak terkecuali untuk para ibu yang sedang hamil. Banyak dari ibu hamil sendiri yang tidak tahu jenis olahraga seperti apa yang cocok dilakukan saat hamil. Bahkan ada beberapa diantara ibu hamil tidak melakukan olahraga karena takut akan mempengaruhi janinnya nanti. Sebenarnya ketakutan ini tidak perlu terjadi karena yang dibutuhkan bagi ibu hamil ini hanyalah informasi yang akurat dan benar mengenai jenis olahraga yang sehat dan cocok bagi ibu hamil dan janinnya.

Karena olahraga sangat penting bagi kesehatan justru ibu hamil disarankan untuk berolahraga hanya saja tidak semua jenis olahraga boleh dilakukan oleh ibu hamil. Olahraga yang dibolehkan hanyalah olahraga yang tidak berat sehingga tidak membahayakan janin yang dikandungnya. Salah satu dari olahraga yang cocok bagi ibu hamil adalah berenang.

Berenang sudah dikenal lama sebagai olahraga yang ramah bagi ibu hamil karena olahraga ini bagus untuk melatih pernafasan. Latihan pernafasan sendiri sangat penting bagi ibu hamil karena mereka memerlukannya nanti saat dalam proses bersalin. Disamping itu berenang juga dapat membantu meringankan sakit pinggang yang pada umumnya dirasakan oleh ibu hamil karena air membuat beban di perut mereka terasa lebih ringan.

Jenis olahraga lainnya yang cocok bagi ibu hamil adalah senam. Ada banyak jenis senam seperti yoga, senam aerobik dan lain sebagainya. Akan tetapi di banyak kasus senam aerobik sangat tidak disarankan untuk ibu hamil mengingat mereka perlu melakukan gerakan-gerakan yang cepat dan berat sehingga dikhawatirkan beresiko bagi si janin. Olah raga yoga dan senam relaksasi lebih cocok untuk ibu hamil karena lebih lembut dibanding senam aerobik.

ibu hamil, tips olahraga, olahraga sehat,

Sebenarnya saat ini juga sudah dikembangkan senam khusus ibu hamil yang gerakannya sangat sederhana, ringan dan mudah. Si ibu hamil hanya perlu duduk bersila diatas matras atau kasur. Dengan posisi yang mirip sedang bermeditasi si ibu hamil bisa mulai berlatih pernafasan juga dan ini bagus dilakukan setiap beberapa menit setiap harinya. Gerakan ini bisa dikombinasikan dengan gerakan lainnya seperti meluruskan kaki ke depan dan mencondongkan badan ke belakang dengan bertumpu pada kedua tangan dibelakang badan. Kaki bisa diayunkan ke samping atau atas-bawah secara perlahan sembari melatih pernafasan.

Gerakan ini masih bisa dikombinasikan dengan gerakan merangkak dimana ibu hamil bertumpu berada pada posisi merangkak bertumpu pada tangan dan lutut dengan posisi kepala, punggung dan pantat sejajar. Gerakan ini masih bisa dikombinasikan dengan gerakan mengangkat kepala dan menurunkan pinggang sembari melatih pernafasan.

Tidak semua gerakan senam cocok untuk ibu hamil. Bagi ibu yang masih hamil muda disarankan untuk berkonsultasi dulu dengan bidan atau dokter untuk mendapatkan tips olahraga yang tidak berbahaya bagi janin yang dikandungnya.

 ibu hamil, tips olahraga, olahraga sehat,

BACA JUGA:

Olahraga Yang Aman Bagi Kecantikan

Olahraga Ringan Yang Menyehatkan Dan Menyenangkan

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>