Tips Olahraga Untuk Otak Anda Di Rumah

Tips Olahraga untuk Otak yang Bisa Anda Lakukan Dirumah

Otak merupakan salah satu organ di dalam tubuh manusia yang paling vital selain jantung. Bagaimana tidak, otak merupakan pusat pikiran dan juga penentu apa yang akan dilakukan seorang manusia. Setiap mahluk hidup di dunia ini memiliki otak, namun otak manusia adalah otak yang paling cerdas daripada yang lain. Menurut beberapa kalangan, otak kita bekerja seharian dan hanya tidak bereaksi maksimal ketika kita tertidur. Disini saya ingin berbagi tips mengenai bagaimana melatih otak agar kerjanya semakin baik. Olahraga otak memang tidak lazim kita ketahui karena kita hanya mengetahui bagaimana berolahraga untuk meningkatkan kesehatan tubuh saja. Untuk melakukannya, anda cukup melatih olahraga otak setiap 15 hingga 20 menit saja setiap harinya. Berikut tips olahraga otak yang cukup sederhana dan bisa dilakukan dimana saja.

1.   Latihlah Bermain Game Strategi

Saat ini sudah banyak game-game komputer yang bergenre strategi dan bisa menjadi acuan untuk melatih otak Anda. Tidak hanya game komputer saja melainkan Anda bisa melakukan permainan lainnya seperti monopoli dan catur. Manfaatnya adalah membantu meningkatkan performa otak kanan Anda agar dapat berfikir secara kreatif.

2.   Bermain game puzzle

Bentuk permainan puzzle memang beragam namun yang lebih spesifik adalah bermain game teka-teki silang. Selain itu jenis game puzzle lainnya seperti Sudoku juga wajib jadi referensi. Manfaat ialah agar dapat melatih daya kerja otak kiri Anda dimana daya kognitif seseorang bertempat tinggal di sisi otak tersebut.

3.   Menjadi kidal atau sebaliknya

Coba Anda melakukan sesuatu dengan menggunakan yang tidak biasanya. seperti biasanya dengan menggunakan tangan kanan, cobalah menggunakan tangan kiri. Tidak hanya itu, Anda juga dapat melakukannya ketika menyikat sepatu dan gigi, menggunakan mouse komputer dan sebagainya. Manfaatnya ialah memperkuat sel syaraf Anda sehingga nantinya juga akan ada sel syaraf yang baru.

tips olahraga, kecerdasan otak, olahraga otak, bermain puzzle

4.   Mendengarkan musik

Hampir setiap orang sangat menyenangi musik, tapi agar dapat melatih perkembangan otak anda sebaiknya belajar untuk memainkannya. Bahkan beberapa kalangan menyarankan agar otak kita dilatih dengan cara mencium bunga dengan mendengarkan musik.

5.   Membaca

Membaca merupakan salah satu cara yang paling gampang untuk melatih daya kerja otak kita. Banyak hal yang biasa kita baca seperti Koran, majalah, komik dan lain sebagainya. Manfaatnya terhadap otak ialah dapat mengembangkan daya kognitif seseorang dan juga dapat menunda terjadinya demensia.

6.   Ubahlah hobi Anda

Agar daya kerja otak makin maksimal, cobalah untuk melakukan hal yang tidak biasanya. Jika seandainya Anda sangat menyukai musik maka cobalah untuk menekuni hobi lainnya seperti melukis. Manfaat yang bisa dirasakan adalah selalu menjaga agar daya kerja otak selalu aktif.

Yang terpenting ialah bagaimana kita bisa melakukan hal yang positif agar otak kita juga selalu melakukan yang positif juga. Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan anda mengenai menjaga kesehatan otak agar selalu sehat dan cerdas.

 tips olahraga, kecerdasan otak, olahraga otak, bermain puzzle

 BACA JUGA:

Tips Olahraga Yang Baik Untuk Ibu Hamil

Tips Memilih Jenis Olahraga Yang Tepat Bagi Wanita

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>