Tips Olahraga Yang Baik Untuk Ibu Hamil

Tips Olahraga yang Baik Untuk Ibu Hamil

Kehamilan merupakan sebuah pengalaman yang paling ditunggu oleh seorang wanita. Karena nantinya akan lahir seorang bayi mungil dan menjadikan suasana rumah tangga pasangan pasutri semakin ramai. Ketika Anda sudah hamil, maka segala hal harus benar-benar diperhatikan untuk kesehatan sang calon ibu maupun sang janin. Selain harus berwaspada dalam mengonsumsi berbagai bahan makanan yang dikonsumsi, seorang ibu hamil juga harus bisa melakukan beberapa aktivitas olahraga yang menunjang kehamilannya tersebut. Menurut informasi, jika seorang ibu hamil rutin melakukan aktivitas olahraga yang telah disarankan, maka diyakini akan menimimalisir berbagai keluhan selama hamil dan juga mempermudah ketika persalinan nantinya. Disini saya ingin berbagi tips olahraga yang dianggap paling sesuai dengan kebutuhan ibu hamil.

1. Angkat Beban

Melakukan aktivitas olahraga angkat beban memang biasanya dilakukan oleh seseorang yang memiliki otot bagus. Akan tetapi disini Anda akan melakukan angkat beban yang sesuai dengan kebutuhan ibu hamil. Lakukan awalan dan mengakhirinya dengan proses peregangan. Sebaiknya gerakkanlah semua otot-otot tubuh agar bereaksi secara bersamaan. Namun jangan sampai Anda melakukan secara berlebihan karena dapat membahayakan janin yang didalamnya.

Manfaat melakukan angkat beban ini ialah daya lentur dan kekuatan tubuh Anda dapat terbantu dengan baik sehingga rasa nyeri dan sakit ketika hamil berkurang dengan sendirinya.

ibu hamil, berita olahraga, tips olahraga, olahraga ibu hamil

2. Olahraga Air

Sebaiknya Anda melakukan aktivitas berolahraga dengan air ketika masa kehamilan masuk ke trimester. Akan tetapi berhati-hatilah ketika masa kehamilan Anda sudah masuk 7 bulan karena ketika itu ibu bisa beresiko terjatuh hingga bisa terpeleset  karena kurang keseimbangan.

Manfaat melakukan aktivitas olahraga air ialah kesehatan jantung terjaga dengan baik, otot-otot menjadi lebih kuat, tidak akan susah tidur, ampuh mengutangi beban dan berbagai tekanan dari sendi-sendi otot dan mengurangi rasa mual ketika hamil

3. Berjalan Kaki

Aktivitas berjalan kaki memang sangat jauh hubungannya dengan kehamilan namun disini Anda harus bisa mengaturnya dengan baik. Tentu melakukannya dengan cara mengatur detak jantung Anda.

Manfaat dari melakukan aktivitas berjalan kaki disini ialah mampu meningkatkan stamina tubuh Anda, stress bisa berkurang, mampu memperkuat kesehatan jantung dan paru-paru, otot-otot di bagian tungkai menjadi lebih kuat dan mengatur denyut jantung supaya teratur.

3. Senam Pilate

Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa senam pilates memang dilakukan agar daya keseimbangan, ketahanan otot dan menjaga fleksibilitas tubuh Anda. Dan dari ke-3 hal tersebut, diyakini bisa membantu ketika sang ibu melahirkan nanti.

Manfaat dari melakukan aktivitas Senal Pilates ialah dapat memperkuat tubuh bagian panggul, otot-otot bagian perut dan seluruh tubuh Anda.

4. Yoga

Biasanya yoga dilakukan untuk menenangkan pikiran dan menjauhkan diri dari sikap emosional. Kita tahu bahwa sikap emosional dapat mempengaruhi janin di dalam kandungan. Manfaat dari melakukan aktivitas yoga adalah mampu meningkatkan daya tahan tubuh dan juga stamina anda.

Agar nantinya proses kehamilan dapat berjalan dengan lancar, sebaiknya Anda rutin melakukan aktivitas olahraga ringan diatas. Semoga bermanfaat khususnya bagi calon ibu hamil yang tengah menantikan kehadiran seorang bayi di tengah kehidupan rumah tangganya.

 ibu hamil, berita olahraga, tips olahraga, olahraga ibu hamil

BACA JUGA:

5 Wahana Roller Coaster Paling Ekstrim Di Dunia

 Olahraga Mengerikan yang Bisa Merenggut Nyawa Anda

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>