Tips Sederhana untuk Persiapan Bersepeda

Tips Sederhana untuk Persiapan Bersepeda2

Bersepeda merupakan aktifitas yang sangat mengasyikan dan di saat yang sama juga menawarkan berbagai benefit yang bermanfaat untuk kesehatan kita. Ini adalah salah satu jenis olahraga yang menyehatkan sekaligus menyenangkan karena kita bisa melatih otot dan tulang saat bersepeda dan di saat yang bersamaan kita juga bisa menikmati pemandangan di sepanjang jalan atau sambil bercengkrama dengan teman atau keluarga

Apabila anda tertarik untuk bersepeda baik untuk tujuan refreshing, mengisi waktu, atau bahkan dua-duanya, maka artikel ini diharapkan bisa membantu anda. Berikut adalah tips sederhana untuk memulai olahraga bersepeda.

Sepeda

Saat anda ingin bersepeda tentunya anda jarus memiliki sepeda dan ini wajib. Ya iyalah, bagaimana bisa kita bersepeda tanpa memiliki sepeda untuk ditunggangi? Dan demi keamanan dan kenyamanan saat berkendara nantinya, anda juga dituntut untuk setidaknya mengetahui dan memahami kinerja sistem sepeda yang anda gunakan.

Pastikan untuk selalu mengecek semua kelengkapan pada sepeda anda sebelum berangkat. Pastikan semua bagian sepeda sudah lengkap dan bekerja dengan baik, terutama rem. Apabila perlu, anda juga bisa menambahkan lampu agar sepeda anda lebih mudah terlihat oleh pengguna jalan lainnya terutama ketika mendung atau malam hari.

olahraga, persiapan bersepeda, sepeda, tips, sederhana

Perlengkapan Bersepeda

Selain mempunyai sepeda, ada baiknya anda melengkapi diri dengan peralatan bersepeda untuk keselamatan dan kenyamanan anda, seperti sepatu, helm, kaus tangan. Helm wajib anda pakai selama bersepeda karena ini penting. Anda juga disarankan untuk memakai kaus tangan agar telapak tangan tidak selip ketika berkeringat.

Apabila anda mengenakan celana panjang saat bersepeda ada baiknya anda memasang leg band pada masing-masing kaki anda. Pastikan ujung celana terikat ke kaki anda dengan leg band. Ini penting supaya ujung celana tidak kotor atau terjepit gear sepeda, yang tentunya dapat menyebabkan kecelakaan yang berujung pada cedera.

Peregangan

Peregangan sangat penting untuk semua jenis olahraga demikian juga untuk bersepeda, Ini karena peregangan membantu otot anda supaya lebih lentur dengan demikian badan anda lebih mudah beradaptasi dengan kegiatan bersepeda. Pastikan ada melakukan peregangan beberapa menit sebelum bersepeda supaya badan anda bisa beradaptasi dengan baik.

Seperti yang kita ketahui bahwa dalam bersepeda, beban terberat terdapat pada kaki dan punggung. Oleh karenanya, ada baiknya anda melakukan peregangan untuk melemaskan otot kaki dan punggung, sehingga aktifitas bersepeda anda tidak akan diwarnai dengan kejadian-kejadian tidak mengenakkan nantinya seperti kram atau kejang otot.

Undang Undang dan Peraturan Lalu Lintas

Saat bersepeda anda juga harus memperhatikan rambu-rambu lalu lintas. Ini sangat penting guna menghindari adanya kejadian kecelakaan. Selain itu banyak kota-kota besar sudah memiliki jalur bersepeda tersendiri dan tentunya ini bisa dimanfaatkan dengan baik untuk bersepeda. Apabila tidak ada jalur sepeda setidak-tidaknya tetap berada di sisi kiri bila bersepeda di jalan raya.

 olahraga, persiapan bersepeda, sepeda, tips, sederhana

BACA JUGA:

Tips Downhill Untuk Menghindari Cedera

Tempat Favorit Downhill, Menantang Adrenalin

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>