Teknik Dasar Bermain Sepakbola

Teknik Dasar Bermain Sepakbola1

Bisa dikatakan bahwa sepakbola adalah salah satu olahraga yang populer di seluruh dunia. berbeda dengan permainan bola basket yang didominasi oleh penggemar di benua Amerika, sepakbola digemari di banyak negara di semua benua. Ini tak lepas dari permainan sepakbola yang mudah dan sederhana. Banyak dari kita tentu bisa memainkan bola secara alami bahkan faktanya banyak pemain bola professional yang mulai bermain bola secara otodidak. Ini artinya permainan bola bisa dimainkan oleh siapa saja.

Meskipun sangat mudah bermain bola namun ada baiknya kita mengetahui teknik-teknik dasar bermain bola karena ada beberapa manfaat yang bisa didapat dari situ. Ketika kita mengetahui teknik dasar kita bisa bermain secara efektif dan menghindari adanya pelanggaran. kita juga bisa menghindari cedera apabila kita mengetahui teknik bermain bola dengan benar. Berikut adalah teknik dasar bermain bola yang bisa dipelajari secara sederhana.

Pada dasarnya ada beberapa teknik bermain bola yaitu;

1.       Menendang bola

2.       Menggiring bola

3.       Menghentikan/memblokir bola

4.       Merampas/merebut bola

5.       Menyundul bola

6.       Lemparan kedalam

sepak bola, teknik dasar, bermain, bola, olahraga

1. Menendang bola

Pada dasarnya menendang bola biasanya untuk menyerang atau untuk mengumpan bola baik atas atau bawah maupun jarak pendek ataupun jauh.

  • Menendang dengan kaki bagian dalam biasanya untuk mengumpan bola baik jarak pendek atau jauh tergantung kuatnya tendangan
  • Menendang dengan kaki bagian luar juga kurang lebih sama
  • Menendang dengan bagian punggung kaki
  • Biasanya digunakan untuk menyerang, semakin cepat dan kuat tendangan semakin cepat bola serangan bola.

2. Menggiring bola

Biasanya digunakan untuk membawa bola mendekat ke sasaran lawan. Teknik ini perlu dilatih karena harus dilakukan sambil berlari dan mengkombinasikan kaki bagian dalam pada kedua belah kaki kanan dan kiri,

3. Menghentikan/memblokir bola

Digunakan untuk menahan serangan atau umpan bola. Teknik ini dapat dilakukan dengan hampir seluruh bagian kaki baik bagian dalam, luar, punggung maupun dengan telapak kaki.

4. Merampas/merebut bola

Digunakan untuk merebut bola dari kaki lawan sebisa mungkin tanpa menyentuh kaki lawan. Teknik ini bisa dilakukan dengan tackling vertikal (berdiri) maupun horizontal sliding/meluncur dari bawah.

5. Menyundul bola

Digunakan untuk menerima atau mengumpan bola tetapi bisa juga untuk menyerang gawang. teknik ini hanya dilakukan dengan sundulan kepala. Arah sundulan menentukan kemana bola itu akan memantul.

6. Lemparan Kedalam

Ini adalah satu-satunya teknik dimana pemain bola (selain penjaga gawang) boleh memegang bola. Harus dilakukan dengan kedua belah tangan diayunkan diatas kepala. Posisi kedua belah kaki tidak boleh terangkat dan harus berada di atas atau di luar garis lapangan.

sepak bola, teknik dasar, bermain, bola, olahraga

BACA JUGA:

4 Pesepakbola Paling Malas di Liga Inggris

Kejadian Memalukan di Dunia Sepakbola Indonesia

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>